Operasi Kepolisian Kewilayahan Keselamatan Jaya 2023, Ini Peran Polresta Bandara Soetta

- Rabu, 8 Februari 2023 | 10:47 WIB

Caption: Wakapolresta Bandara Soekarno Hatta (Soetta) AKBP Anton Firmanto saat memimpin apel gelar pasukan Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan Keselamatan Jaya 2023 di Bandara Soetta, Tangerang, Selasa (7/2/2023).(Humas Polresta Bandara Soetta.)

Sugawa.id- Aparat Polresta Bandara Soekarno Hatta (Soetta) akan mengedepankan tindakan preemtif dan preventif dalam melaksanakan Operasi Kepolisian Kewilayahan Keselamatan Jaya 2023. Tindakan preemtif ini dilakukan karena wilayah Bandara Soetta tidak memiliki penduduk yang menetap.

Wakapolresta Bandara Soetta AKBP Anton Firmanto mengatakan peran Satlantas Polresta Bandara Soetta, dalam Operasi Kepolisian Kewilayahan dengan sandi Keselamatan Jaya 2023, lebih mengedepankan sosialisasi dan preemptif.

"Mengingat wilayah Bandara Soetta tidak memiliki penduduk yang menetap karena masyarakat yang ada di Soetta adalah para pengguna jasa dan karyawan perkantoran serta pekerja di areal cargo. Sehingga cara bertindak yang dilakukan menyesuaikan dengan karakteristik wilayah, seperti lebih banyak mengedepankan giat preemtif dan sosialisasi kepada para pekerja yang ada agar tercipta keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) dalam mewujudkan Bandara Soetta yang aman dan nyaman bagi semua," ujar Anton usai memimpin apel gelar pasukan Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan Keselamatan Jaya 2023 di Bandara Soetta, Tangerang, Selasa (7/2/2023).

Tidak hanya itu, kata Anton, Polresta Bandara Soetta juga berkolaborasi dengan personel bawah kendali operasi (BKO) TNI di Soetta serta stakeholder pengamanan Soetta, aviation security (Avsec) dan outsorching melakukan iimbauan dan teguran kepada pengguna jasa bandara yang tidak mematuhi rambu lalu lintas sepanjang areal keberangkatan di Terminal 1 2 dan 3.

"Melakukan upaya penertiban bersama personel POM TNI BKO Soetta dan Propam Polres Soetta terhadap kendaraan dinas yang melanggar aturan berlalu lintas di wilayah Soetta, seperti penggunaan sirine dan strobo serta plat dinas tidak sesuai dengan peruntukkannya," tegasnya.

Lebih lanjut, kata Anton, personel Polresta Bandara Soetta bersama stakeholder terkait konsisten melakukan upaya peneguran terhadap kendaraan yang parkir di bahu jalan sepanjang ruas jalan di wilayah Soetta mulai dari Gapura Selatan, depan hotel, SPBU, sepanjang ruas jalan turunan Terminal 2 sampai dengan Pos C2.

"Memasifkan sosialisasi operasi keselamatan sebagai sarana literasi digital kepada pengguna jasa bandara tentang pentingnya keselamatan dalam berkendara mengurangi fatalitas laka lantas," ujarnya.

Sementara itu, Kapolresta Bandara Soetta Kombes Pol Roberto Pasaribu mengimbau kepada para personel yang bertugas dalam Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan Keselamatan Jaya 2023 untuk mengedepan cara-cara yang humanis, preventif dan simpatik kepada masyarakat.

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu mematuhi aturan berlalu lintas agar terhindar dari kecelakaan. Kesadaran berlalu lintas dengan baik dan tertib, akan mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas. Sebaliknya, ketidakhati-hatian dalam berlalu lintas tidak hanya merugikan diri sendiri tetapi juga bisa merugikan pengendara lain," ujarnya.

Karena itu, kata Kapolres, Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan Keselamatan Jaya 2023 ini tidak hanya berorientasi penindakan tetapi yang paling penting adalah edukasi lewat cara-cara yang humanis, preventif dan simpatik sehingga pada gilirannya masyarakat dengan penuh kesadaran mampu menaati aturan lalu lintas.

"Kita berharap dengan adanya Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan Keselamatan Jaya 2023 ini, angka laka lantas bisa ditekan serendah mungkin khususnya di wilayah Bandara Soetta," tuturnya.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengungkapkan angka kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas) di wilayah hukum Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya berjumlah 10.482 kasus di tahun 2022.

Jumlah tersebut meningkat sebanyak 20,9% atau sebanyak 2.188 kasus jika dibandingkan dengan tahun 2021.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Hukum Sikat Gigi Saat Puasa, Begini Jawabannya

Sabtu, 25 Maret 2023 | 13:43 WIB

Heri Mulianto Jadi Plh Kepala BPN Jakarta Timur

Jumat, 24 Maret 2023 | 09:45 WIB

ASN Dilarang Gelar Acara Buka Puasa Bersama

Kamis, 23 Maret 2023 | 23:42 WIB

PERJAKIN: Indonesia Butuh Mahfud Md dan Ivan

Kamis, 23 Maret 2023 | 23:01 WIB
X