FOKUS :

Mahfud MD Minta Aparat Usut Kasus Syekh Ali Jaber Secara Tuntas

Menko Polhukam Mahfud MD. (foto: terkini)   Sugawa.id – Menko Polhukam Mahfud MD meminta aparat baik aparat keamanan maupun intelijen...

1-min

Arman Depari, Jenderal Gondrong “Musuh” Sindikat Narkoba Internasional

arman-depari-bnn-920x425

Irjen Arman Depari. (foto: dok/sugawa.id)

 

Sugawa.id – Di kalangan penggiat anti narkoba, nama Irjen Arman Depari tentu tak asing lagi. Jenderal kelahiran Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara ini telah berhasil menggagalkan berbagai upaya penyelundupan narkoba selama dirinya menjabat sebagai Deputi Bidang Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN). 

Kasus paling anyar yang dia tangani adalah kasus pengungkapan narkoba dari Medan menuju Jakarta. Kala itu, Arman turun langsung memimpin anak buahnya menghentikan truk yang memuat 49 kilogram sabu di kawasan Bekasi.

Sebelumnya jenderal yang identik berambut gondrong ini juga berhasil  menggerebek sindikat narkoba internasional dengan barang bukti 280 kg lebih sabu-sabu dan menembak mati gembong narkoba asal Taiwan di kawasan Pluit, Jakarta Utara.

Sebagai seorang polisi, pria kelahiran Tana Karo ini lulus dari Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1985. Karier Arman dimulai dengan ditugaskan sebagai Danton Patroli Kota (Sabhara Polri) Polda Metro Jaya.

Karirnya pun terus melejit hingga dia bisa menduduki posisi sebagai Direktur IV Narkoba Mabes Polri pada tahun 2009. Lepas dari sana, selanjutnya dia ditunjuk menjadi Kapolda Kepulauan Riau (Kepri) dan terakhir diangkat menjadi Direktur Pemberantasan BNN. Sampai akhirnya, Arman diberi tugas khusus dari Menteri BUMN Erick Thohir sebagai komisaris PT Pelindo I (Persero).

Sementara di akhir karier kepolisiannya, Arman dimutasi sebagai Pati di Mabes Polri melalui Surat Telegram Kapolri Jenderal Pol Idham Azis Nomor: ST/2557/IX/KEP./2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Polri tertanggal 1 September 2020 tersebut ditandatangani Asisten SDM Kapolri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono, Rabu (2/9/2020) membenarkan soal mutasi terhadap 6 jenderal dan 10 komisaris besar (kombes) yang memasuki masa pensiun termasuk Arman Depari. “Ya benar. Mutasi dalam rangka tour of duty dan tour of area serta penyegaran organisasi,” kata Argo.

Meski kelak tak bertugas lagi di lingkungan Polri, nama Arman tetap akan lekat sebagai tokoh pemberantasan narkoba di tanah air. (wib)

Share :