SUGAWA.ID – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI masuk dalam peringkat teratas daftar Forbes The Global 2000 Tahun 2023 dari majalah ekonomi Forbes berdasarkan penjualan (sales), laba (profit), aset (assets), dan nilai pasar (market value).
Dalam publikasi majalah ekonomi terkemuka Forbes tersebut ada beberapa nama perusahaan asal Indonesia, terutama Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Dalam Forbes The Global 2000 Tahun 2023, BRI menempati peringkat terbaik dengan 307, meningkat dibandingkan tahun lalu dimana BRI meraih peringkat 349 dunia.
Mengutip situs resmi Forbes, terdapat 8 perusahaan Indonesia yang masuk daftar Forbes The Global 2000 Tahun 2023 yakni BRI peringkat 307, Mandiri peringkat 418, BCA (462), Telkom (787), BNI (930), Bayan (983), Adaro (1.393), dan Garuda Indonesia (1.572).
Baca Juga: Apa Untungnya Jika Johnny G Plate Jadi Justice Collaborator, dan Apakah Dia Layak?
Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan prestasi tersebut merupakan bukti bahwa pihaknya mampu menjaga kinerja positif yang berkelanjutan dengan manajemen risiko yang sangat terukur.
“Hal ini tentu jadi prestasi perseroan, di tengah ketidakpastian ekonomi global. BRI tetap mampu menjaga kinerja positif. Hal tersebut diraih BRI dengan kembali fokus pada pemberdayaan dan penyelamatan segmen UMKM di masa sulit,” ujarnya.
Sunarso menambahkan BRI juga jadi mitra strategis pemerintah dalam program pemulihan ekonomi nasional.
Baca Juga: Wow, Ada Transaksi Mencurigakan Rp 4,36 Triliun dari PT MIND ID ke Singapura? BPK Segera Cek!
“Oleh karena itu, sangat layak jika prestasi tersebut didedikasikan bagi seluruh nasabah BRI dan Insan BRILiaN (pekerja BRI) di seluruh Indonesia,” tutur Sunarso.
BRI terbukti menghasilkan catatan impresif pada 4 indikator penilaian. Mulai dari segi profit yang mencapai US$3,45 miliar atau Rp 51,4 triliun secara tahunan (year on year/ yoy).
Selain itu, dari sisi assets BRI juga mencatatkan US$ 119,84 miliar atau Rp1.865,64 triliun, tumbuh double digit sebesar 11,18% yoy dari tahun sebelumnya.

Dari sisi penjualan (sales) BRI mencatatkan angka sebesar US$ 13,16 miliar atau setara dengan Rp 195,8 triliun, dan market value BRI mencapai sebesar US$ 53,79 miliar atau Rp 799,2 triliun.
“Terbukti, melalui kinerja perseroan yang positif tersebut kami mampu mempertahankan peringkat teratas di Indonesia serta mampu naik peringkat secara internasional. Ini membuktikan bahwa keberadaan perusahaan BUMN kian diapresiasi oleh dunia. Ke depan kami akan terus berkomitmen untuk meng-create value, baik dari aspek ekonomi maupun sosial bagi seluruh masyarakat Indonesia,” tambah Sunarso.
Tak hanya empat indikator tersebut, banyak faktor yang digunakan untuk melakukan pemeringkatan oleh Forbes.
Artikel Terkait
Bank Banten Jalin Sinergi dengan J Trust dan BRI
Bank Banten Perkuat Sinergi dan Kerjasama Strategis dengan BRIĀ
Asyik KUR BRI 2023 Kembali Dibuka, Begini Syarat dan Ketentuan Pengajuan Pinjamannya
Dapatkan Tiket Indonesia vs Argentina Mulai 5 Juni. Bagi Nasabah BRI, Ini Loh Previlege yang Diberikan
Dukung Talenta Muda Lewat BRImo Future Garuda, BRI Hadirkan 4 Legenda Sepak Bola Dunia
Didukung BRI, FIFA Match Day Indonesia vs Argentina Bisa Dorong Perputaran Ekonomi Hingga Rp 500 Miliar
Keren, BRI Dinobatkan Sebagai Brand Paling Bernilai di Indonesia oleh Brand Finance. Ini Alasannya