KemenKopUKM Dorong Peningkatan Mutu Produk Bambu di Kabupaten Sukabumi

- Sabtu, 11 Februari 2023 | 10:54 WIB

Acara Bimbingan Peningkatan Digitalisasi Teknologi Produktivitas dan Mutu Usaha Mikro di Kabupaten Sukabumi.

 

Sugawa.id - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) mendorong peningkatan mutu produk bambu para pelaku UMKM di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, melalui Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM yang memberikan pendampingan dan pemberdayaan secara komprehensif.

Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) Yulius, saat memberikan sambutan secara daring, pada acara Bimbingan Peningkatan Digitalisasi Teknologi Produktivitas dan Mutu Usaha Mikro di Kabupaten Sukabumi, beberapa hari lalu, mengatakan peran PLUT tidak hanya untuk meningkatkan kinerja dan pengembangan produksi, namun juga aktif dalam upaya pengembangan SDM untuk menunjang keberjalanan koperasi dan UKM di Kabupaten Sukabumi.

Menurut Yulius, khusus bagi pelaku usaha mikro, Pemerintah telah melakukan berbagai intervensi kebijakan, baik dari sisi hulu (supply) maupun hilir (demand).

Salah satunya melalui pendampingan peningkatan mutu dan kualitas produk, meningkatkan peran PLUT KUMKM, serta pendampingan manajemen usaha melalui digitalisasi.

“Saat ini, pemerintah juga terus mendorong pelaku UMKM untuk masuk ke dalam ekosistem digital," kata Yulius.

Asisten Deputi Pengembangan Rantai Pasok Usaha Mikro Deputi Bidang Usaha Mikrp KemenKopUKM Sutarmo menambahkan, kegiatan tersebut menandai hadirnya kembali peran dari PLUT KUKM Kabupaten Sukabumi. "PLUT KUMKM Kabupaten Sukabumi sempat vakum selama 2 tahun, karena tidak adanya dukungan APBD," ucap Sutarmo.

Di awal 2023 ini, kata Sutarmo, telah dibentuk Tim Aktivasi PLUT KUMKM Kabupaten Sukabumi, yang kembali memberikan layanan bagi pelaku UMKM Kabupaten Sukabumi. Diantaranya, melalui kolaborasi dalam kegiatan bimbingan teknis ini.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sukabumi Yulipri mengatakan perajin di Sukabumi selama ini

memproduksi anyaman bambu berupa produk rumah tangga, seperti dudukan lampu, nampan, dan berbagai wadah lainnya untuk menunjang keperluan alat rumah tangga. Pendampingan diperlukan untuk meningkatkan kualitas produk dan memperluas pasar.

Memiliki Kekhasan

Sementara itu, Ketua Dunia Bambu Sukabumi Agus Ramdhan menjelaskan, kerajinan anyaman bambu yang dihasilkan para perajin asal Sukabumi memiliki kekhasan tersendiri.

"Anyaman bambu yang dihasilkan dari daerah ini terkenal kuat karena dibuat rangkap dan melintang. Selain itu, anyaman bambu yang dibuat pun tidak melupakan fungsi estetika," ucap Agus.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

43 IKM di Depok Didorong Punya Sertifikat Halal

Kamis, 9 Maret 2023 | 18:48 WIB
X