FOKUS :

Ketika Edhy “Tersandung” Benih Lobster

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus ekspor benih lobster. Dalam kasus...

1-min

Siswa di 30 Desa Menikmati Internet Gratis dari BTN

onlineskl

 

Sugawa.id– Siswa di 30 desa di Jawa Barat mendapat bantuan akses internet gratis dari Bank Tabungan Negara (BTN). Penyaluran bantuan ini memiliki tujuan membantu para siswa agar dapat mengikuti kegiatan belajar online pada masa pandemi Covid-19.

Corporate Secretary Bank BTN Ari Kurniaman menjelaskan, program internet gratis tersebut dapat bermanfaat bagi para siswa dalam mengikuti proses belajar online.

Ari juga mengatakan, bantuan internet gratis tersebut bisa pula dimanfaatkan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk menjual produknya secara online.

“Kami berharap layanan internet gratis ini dapat dimanfaatkan dan mendukung proses belajar mengajar hingga kegiatan ekonomi lain yang meningkatkan produktivitas dan ekonomi masyarakat desa,” papar Ari melalui keterangan tertulis, Jumat (13/11/2020).

Ari menyatakan, beberapa desa sebetulnya sudah mendapat layanan internet gratis sejak akhir Oktober lalu. Desa tersebut antara lain Desa Rancaekek Wetan, Desa Padalarang, Desa Ciporeat, dan Desa Jingkang Tanjung Medan.

Bantuan tersebut bakal menjadi pilot project untuk diterapkan di seluruh Kantor Wilayah Bank BTN dalam rangka mendukung program percepatan peningkatan ekonomi desa yang diinisiasi Presiden Joko Widodo.

BTN berharap, penyediaan internet gratis dapat membantu pemerintah mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Pasalnya, dampak ekonomi yang disebabkan pandemi membuat semakin banyak warga perkotaan yang kembali ke desa.

“Penyediaan internet gratis sejalan dengan program membangun desa yang gencar dilakukan pemerintah daerah Jawa Barat. Momentum ini dapat dijadikan untuk memacu ekonomi desa sekaligus mendorong pemulihan ekonomi nasional,” katanya.

Dalam menyalurkan internet gratis ini, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk bekerja sama dengan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom).

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menyatakan, program penyaluran internet gratis tidak hanya dilakukan di Jawa Barat tetapi juga di daerah lain.

Arya menyatakan, Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi langkah BTN dan Telkom. Sebab bantuan internet gratis ini dapat dimanfaatkan juga oleh UMKM.

“Kalau jualan UMKM dibeli artinya konsumsi masyarakat akan meningkat. Nah konsumsi masyarakat ini yang bisa menggerakkan pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujarnya. (gas)

Share :