FOKUS :

Mahfud MD Minta Aparat Usut Kasus Syekh Ali Jaber Secara Tuntas

Menko Polhukam Mahfud MD. (foto: terkini)   Sugawa.id – Menko Polhukam Mahfud MD meminta aparat baik aparat keamanan maupun intelijen...

1-min

PT Angkasa Pura II Buka Posko Full Digitalisasi di Bandara Soekarno Hatta

TANGERANG – Peningkatan jumlah penerbangan dan penumpang diprediksi akan terjadi di bandara-bandara di Tanah Air. Sejumlah persiapan pun dilakukan demi menjamin keselamatan dan kenyamanan pengguna jasa. Sebagai bandara terbesar dan tersibuk di Tanah Air, Bandara Internasional Soekarno-Hatta peningkatan jumlah penumpang dan penerbangan, diskenariokan tertangani secara baik.

Seluruh penerbangan diyakini berjalan lancar salah satunya karena runway 3 yang dioperasikan dengan dimensi 3.000 x 60 meter mulai 20 Desember 2019.

Sementara untuk memantau seluruh aktivitas operasional dan pelayanan di Soekarno-Hatta pada peak season ini, untuk pertama kalinya PT Angkasa Pura II mendirikan Posko Angkutan Natal dan Tahun Baru dengan perlengkapan dan fasilitas full digitalisasi.

Posko yang didirikan di kawasan Terminal 1 itu dapat memberikan berbagai informasi penerbangan dan juga terkait fasilitas pelayanan bagi penumpang pesawat.

Sejumlah peralatan dan perlengkapan yang ada di posko tersebut antara lain digunakan untuk memantau CCTV, melakukan video conference, memantau pergerakan penumpang dan pesawat secara realtime, memantau agar standar pelayanan di berbagai fasilitas tetap terjaga, dan sebagainya.

“Full digitalisasi sudah diterapkan di Posko di kawasan Terminal 1. Posko ini selain memantau aktivitas di Soekarno-Hatta juga digunakan untuk berkoordinasi dengan posko Angkutan Natal dan Tahun Baru lainnya yang ada di bandara-bandara PT Angkasa Pura II,” jelas President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, Rabu (11/12/2019).

Adapun posko utama Angkutan Natal dan Tahun Baru adalah di Airport Operation Control Center (AOCC) yang merupakan tempat seluruh stakeholder berkoordinasi, mewujudkan Airport Collaborative Decision Making.

Muhammad Awaluddin juga mengatakan, pihaknya memastikan operasional Bandara Soekarno-Hatta berjalan lancar selama periode angkutan Natal dan Tahun Baru 2020. Hal ini bisa tercapai karena perseroan berkomitmen menerapkan standar pelayanan tinggi.
“Ada tiga hal yang menjadi prioritas kami, pertama People, ini tentang kecukupan personil dalam hal operasi mandatori kebandarudaraan. Kedua, Process. kami memastikan bahwa seluruh standard operating procedure (SOP) antar stakeholder berjalan optimal dan ketentuan yang berlaku,” katanya.

“Ketiga Facilities, seluruh fasilitas dan infrastruktur operasi serta pelayanan akan kami perhatikan, terutama yang mandatori seperti misalnya aspek mechanical electrical facilities, airside, land side dan data network sehingga Bandara Internasional Soekarno-Hatta dapat sempurna melayani di seluruh customer touchpoint yang bersinggungan dengan operasi penumpang pesawat pada peak season angkutan Natal dan Tahun Baru,” imbuhnya. (Gas)

Share :