FOKUS :

Ketika Edhy “Tersandung” Benih Lobster

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus ekspor benih lobster. Dalam kasus...

1-min

Menkeu Pastikan Perekonomian Mulai Pulih

42301-bareskrim-ungkap-peredaran-uang-palsu

 

Sugawa.id — Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan, pemerintah memiliki target menjadikan Indonesia masuk dalam empat negara dengan perekonomian terbesar di dunia pada tahun 2045.

Untuk itu, pemerintah terus melakukan proses transformasi ekonomi meski di tengah pandemi. Menkeu Sri Mulyani juga menegaskan, pandemi Covid-19 tidak mengubah target Indonesia untuk bisa menjadi negara maju pada tahun 2045 mendatang.

“Tantangan dengan adanya pandemi Covid-19 tidak seharusnya membuat kita shifting attention kita, namun kita juga tahu bahwa Covid-19 harus kita tangani,” ujar Sri Mulyani dalam webinar nasional DPR RI, Rabu (18/11/2020).

“Covid-19 harus bisa kita kelola, harus kita tangani, dan bukan menjadi alasan atau excuse untuk tidak menuju negara yang berpendapatan tinggi,” ujar Menkeu.

Pandemi Covid-19 telah menyebabkan hampir seluruh kegiatan ekonomi mendapat tekanan berat. Kondisi ini terjadi pada hampir semua negara. Bahkan, di Indonesia, pertumbuhan ekonomi dua kuartal tahun ini minus 5,32 persen dan 3,49 persen.

Sri Mulyani pun menilai, titik terendah telah lewat dan di kuartal IV ini perekonomian mulai menunjukkan pemulihan. “Mulai menunjukkan perbaikan pada kuartal III ditopang dari sisi pengeluaran maupun produksi. Mayoritas produksi kita menunjukkan pembalikan. Situasi yang mulai membalik menuju arah positif harus terus dijaga dan diakselerasi,” ujar dia. (gas)

Share :