FOKUS :

Ketika Edhy “Tersandung” Benih Lobster

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus ekspor benih lobster. Dalam kasus...

1-min

Kampung Rawalini Jadi Pusat Gerakan Tanaman Hortikultura di Kabupaten Tangerang

bibit tanaman diserahkan ke wabup ok

Ketua Umum DPN PTHKTI Dian Novita Susanto (Kiri) menyerahkan bibit tanaman pada Wakil Bupati Tangerang H Mad Romli. (Diskominfo Kab Tangerang)

Sugawa.id – Kampung Rawalini RT 005/07 Desa Teluknaga, Kecamataan Teluknaga Kabupaten Tangerang dijadikan Pusat Gerakan Tanaman Hortikultura Serentak di Kabupaten Tangerang. Gerakan Menanam Serentak ini diselenggarakan oleh seluruh perempuan tani bersama Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) di daerah masing-masing wilayah di Indonesia.

Wakil Bupati Tangerang H Mad Romli mengatakan, atas nama pemerintah daerah dirinya mengucapkan terima kasih serta memberikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang telah memprakarsai terselenggaranya kegiatan tanam serentak Se-Indonesia ini.

“Saya berharap ke depan kegiatan seperti ini bisa terus digalakkan di berbagai wilayah dan pelosok nusantara agar cita-cita kita bersama guna mewujudkan lingkungan hidup yang sehat, bersih dan sejahtera bagi masyarakat dan anak cucu kita dimasa mendatang bisa tercapai dan dirasakan dalam jangka waktu yang panjang,” ujar H Mad Romli.

Menurutnya upaya pemenuhan pangan kini bisa dilakukan sampai pada tingkat keluarga melalui program pekarangan pangan lestari dengan memanfaatkan lahan kosong ataupun pekarangan rumah untuk ditanami komoditas sayuran daun maupun buah sehingga bisa diperoleh produk pangan seperti sayuran dan buah-buahan serta bisa membantu perekonomian keluarga.

“Semoga Program-Program yang telah diluncurkan dapat berjalan dengan baik dan dapat berlangsung secara berkesinambungan, sehingga selain dapat dirasakan manfaatnya langsung oleh petani dan masyarakat, juga dapat menggerakkan roda perekonomian, menjaga inflasi pangan, dan turut memajukan pembangunan pertanian yang ada di Kabupaten Tangerang,” katanya.

Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional Perempuan Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia Dian Novita Susanto juga mengatakan bahwa gerakan ini terselenggara atas kerja sama dengan Kementerian Pertanian RI, serta di bawah bimbingan Ketua Umum DPP HKTI dan Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko.

Dia menyarankan agar KHTI ini dapat terus membina dan membimbing para petani perempuan di setiap daerahnya khususnya di Kabupaten Tangerang agar bisa membantu ekonomi masyarakat di masa pandemi. Diharapkan para perempuan dapat memanfaatkan lahan pekarangan di rumah masing-masing, sehingga hasilnya bisa membantu ekonomi mereka di masa sulit seperti ini. (wib)

Share :