FOKUS :

Mahfud MD Minta Aparat Usut Kasus Syekh Ali Jaber Secara Tuntas

Menko Polhukam Mahfud MD. (foto: terkini)   Sugawa.id – Menko Polhukam Mahfud MD meminta aparat baik aparat keamanan maupun intelijen...

1-min

Inilah Tanggapan Presiden APG atas Pencopotan Bos Garuda Ari Askhara

Direktur Utama Garuda Indonesia, Ari Akshara, saat ikut melayani penumpang | Dok. Garuda Indonesia

 

JAKARTA – Penyelundupan onderdil motor Harley Davidson dan sejumlah sepeda lipat merek Brompton bagaikan menampar muka Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Modus penyelundupannya adalah memasukkan barang-barang tersebut ke lambung pesawat Garuda Airbus A330-900 Neo yang baru didatangkan ke Indonesia dari pabriknya di Perancis.

Secara halus, Erick minta mundur pejabat Garuda yang terlibat penyelundupan. Rupanya, bos Garuda yang disindir Erick masih berat melepaskan kursinya. Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia Ikhsan Rosan pun menyatakan, pemilik motor dan sepeda lipat adalah karyawan on board dalam penerbangan dari Perancis ke Indonesia. Sikap yang diambil pimpinan Garuda sepertinya mengulur waktu.

Akhirnya, menteri yang doyan basket itu pun mengeluarkan jurus 3FG, mencopot Direktur Utama Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau biasa disapa Ari Askhara.

 

Onderdil motor Harley Davidson dan sepeda lipat Brompton yang diselundupkan lewat penerbangan khusus Garuda Airbus A330-900 Neo dari pabriknya di Perancis ke Bandara Soekarno-Hatta (CGK), November 2019 | Foto: antaranews.com

 

Menanggapi situasi ini, Presiden Asosiasi Pilot Garuda (APG), Bintang Hardiono, mengajak seluruh pekerja di Garuda Indonesia agar tetap menjalankan pekerjaan layaknya kondisi normal tanpa harus terhambat oleh polemik yang terjadi pada jajaran direksinya. Bintang meminta rekan-rekannya tetap melayani penerbangan seperti biasa dan selalu mengutamakan keamanan penumpang.

“Menyikapi ramainya pemberitaan yang beredar saat ini, APG mengimbau kepada seluruh anggota untuk tetap menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan bekerja secara profesional dengan tetap mengutamakan safety,” kata Bintang dalam keterangan tertulisnya, Kamis (5/12/2019).

“APG akan terus mendukung seluruh langkah-langkah pemerintah dalam menegakkan aturan dan ketentuan yang berlaku sesuai dengan komitmen kita untuk selalu menjunjung tinggi aturan dan taat terhadap aturan,” imbuh Bintang.

Menteri BUMN Erick Thohir tak dapat menyembunyikan kekecewaannya terhadap jajaran direksi Garuda Indonesia. “Ini sungguh menyedihkan, ini proses menyeluruh di dalam sebuah BUMN, bukan individu. Saya sangat sedih ketika ingin mengangkat citra BUMN, membangun kinerja BUMN, tetapi oknum-oknum di dalamnya tidak siap, inilah yang terjadi,” tutur Erick di Jakarta, Kamis (5/12).

Menurut Erick, kasus ini bukan hanya menyangkut individu, tetapi menyangkut keseluruhan BUMN.

Erick menjelaskan, Ari Askhara menginstruksikan anak buahnya di kantor cabang di luar negeri untuk mencari motor klasik Harley Davidson sejak tahun 2018. Akhirnya, pembelian dilakukan April 2019 dan uangnya ditransfer ke rekening pribadi IJ, yang jabatannya adalah Finance Manager Garuda di Amsterdam. IJ pula yang membantu proses pengiriman barang.

Erick pun memastikan akan memberhentikan Ari Askhara sebagai Dirut Garuda sesuai prosedur perusahaan. Dia juga menegaskan juga bakal memeriksa setiap oknum yang tersangkut dalam kasus penyelundupan tersebut. Menurutnya, kasus ini tak hanya masalah perdata tetapi juga pidana mengingat kasus ini telah menimbulkan kerugian kepada negara. (*)

Share :