FOKUS :

Ketika Edhy “Tersandung” Benih Lobster

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus ekspor benih lobster. Dalam kasus...

1-min

Google Salurkan Dana Sekitar Rp 14 miliar untuk Atasi Pengangguran

kormo

Sugawa.id — Google melalui jaringan filantropinya, Google.org, menggelontorkan dana sebesar 1 juta dollar AS atau sekitar Rp 14 miliar untuk mengatasi pengangguran anak muda di Indonesia.

Managing Director Google Indonesia, Randy Jusup mengatakan, dana tersebut akan digunakan untuk membuat program Bridges to the Future: ASEAN Youth Employment. Program ini merupakan program percobaan yang memberikan pelatihan keterampilan dan bantuan mencari pekerjaan yang akan membantu meningkatkan kemampuan kerja di antara anak muda yang rentan.

Program ini akan berjalan selama 2 tahun ini akan menjangkau 5.200 anak muda yang didominasi oleh perempuan.

Program ini juga jawaban dari keinginan dari Google untuk membantu Indonesia mewujudkan potensi ekonominya melalui program pelatihan dan kemitraan yang berkelanjutan bersama dengan pemerintah, industri, dan organisasi masyarakat.

“Program ini kami luncurkan dengan melakukan kolaborasi bersama The ASEAN Foundation untuk membuat program Bridges to the Future: Asean Youth Employment dari Plan International, untuk mengatasi pengangguran di kalangan muda Indonesia,” ujar Randy Jusup saat jumpa pers virtual, Rabu (18/11/2020).

Randy menjelaskan, untuk meminimalisir angka pengangguran di Indonesia, Google juga memiliki aplikasi pencari kerja yang diberi nama Kormo Jobs. Aplikasi ini diluncurkan tahun 2019 lalu dan penggunanya telah berlipat ganda.

“Angkanya naik 2 kali lipat yang berarti kesempatan kerja juga telah meningkat,” ucap Randy.

Ke depan, Google akan terus melakukan pembaharuan aplikasi sesuai dengan kebutuhan para penggunanya. “Kami akan meningkatkan performa aplikasi kami. Kami melihat perlu adanya peningkatan dan bagaimana cara kita me-match pencari kerja dan pekerjaan sekaligus untuk level up mereka,” kata Randy. (gas)

Share :