FOKUS :

RUU PKS “Kalah Seksi” dari Omnibus Law Cipta Kerja

RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) kalah seksi dengan UU Cipta Kerja. Buktinya meski telah dibahas hampir 6 tahun, RUU ini...

1-min

Bulog Salurkan Beras Bansos Presiden 900 Ribu Ton

 

Sugawa.id – Perum Bulog telah menyiapkan tambahan stok beras untuk bantuan sosial (bansos) beras Presiden kepada masyarakat terdampak Covid-19 sebanyak 450 ribu ton.

Sebelumnya Bulog sudah menyalurkan bansos tahap awal sebesar 450 ribu ton. Dengan demikian sampai akhir tahun akan ada 900 ribu ton untuk bansos beras tersebut.

“Sampai bulan depan kita telah menyalurkan 450 ribu ton. Kemungkinan kita akan dapat tugas lagi menyalurkan 450 ribu. Artinya hingga akhir tahun sebanyak 900 ribu ton untuk penyaluran Bansos Covid-19,” kata Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso saat jumpa pers di Jakarta, Selasa (23/6/2020).

Guna menjamin kualitas beras bantuan sosial itu, Budi Waseso yang akrab disapa Buwas sudah melakukan pengecekan di seluruh Indonesia. Bahkan seluruh jajaran Bulog di daerah untuk mempersiapkan beras bansos dengan sebaik-baiknya. Jajaran Bulog juga melaporkan contoh beras yang sudah dikirim ke penerima bantuan.

“Hasil uji petik tidak ada masyarakat yang mengatakan beras Bulog tidak baik. Semua bilang baik. Jika memang ada yang jelas dan harus dimusnahkan, kita tidak segan untuk memusnahkan,” kata Buwas seperti dilansir infopublik.id.

Sebelumnya Perum Bulog telah kembali menyampaikan proses penyaluran bansos beras Presiden tahap II kepada 1,85 juta warga yang terkena dampak wabah Covid-19 di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pada 15 Juni 2020.

Sedangkan penyaluran program bansos beras Presiden tahap pertama berlangsung Mei lalu dengan kualitas beras premium yang ditujukan kepada 1,4 juta warga.

Total penugasan penyaluran bansos beras Presiden yang diselesaikan Bulog sebanyak 3,25 juta warga Jabodetabek.

Penyaluran Bansos Presiden tersebut dilakukan melalui Kementerian Sosial bersama Bulog.

Buwas mengatakan, pihaknya juga membentuk tim monitoring dan evaluasi yang bertugas memastikan agar proses penyaluran Bansos Beras Presiden kepada keluarga penerima manfaat (KPM) sebanyak 25 kg/keluarga berjalan lancar dan tepat waktu.

Bahkan, sesuai standar kualitas beras premium yang diamanatkan kepada Perum Bulog.

Penugasan program penyaluran Bansos Presiden yang dilakukan melalui Kementerian Sosial bersama Perum Bulog, dimana Bulog dipercaya untuk menyediakan stok beras berkualitas bagi keluarga yang rentan dan terdampak Covid 19

Lebih jauh, Budi Waseso mengatakan, beras yang digunakan selama program Bansos Presiden menggunakan beras premium yang berasal dari petani lokal di tanah air.

Dalam mensukseskan program tersebut Bulog melibatkan armada pada tahap 1 sebanyak 10.847 unit truk dan tahap 2 sebanyak 10.027 unit truk. Dengan asumsi rata-rata paket terkirim per hari sebanyak 80.970 paket di tahap 1 dan di tahap kedua, rata-rata paket terkirim per hari sebanyak 135.616 paket. (gas)

Foto: infopublik.id
Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso

Share :