FOKUS :

Ketika Edhy “Tersandung” Benih Lobster

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus ekspor benih lobster. Dalam kasus...

1-min

Bank Banten Pertahankan Rangking “A” dari Fitch Ratings Indonesia

Direktur Bank Banten Jaja Jarkasih (tengah kanan) secara simbolis menyerahkan hadiah utama Program Customer Reward kepada para pimpinan cabang Bank Banten yang mewakili nasabah di Pengundian Customer Reward, Selasa (14/1/2020). Foto Dok : Humas Bank Banten untuk Sugawa.id.

Sugawa.id – Bank Banten mempertahankan Peringkat Utang Jangka Panjang pada level ‘A(idn)’ dari lembaga pemeringkatan Internasional Fitch Ratings Indonesia bersama tujuh Bank Pembangunan Daerah (BPD) lain di Indonesia. Fitch menilai delapan BPD yang menduduki peringkat tersebut memiliki prospek yang stabil.

Melalui siaran pers Bank Banten yang diterima Sugawa.id, Rabu (15/1/2020), disebutkan bahwa Fitch Ratings Indonesia menyatakan bahwa Peringkat Nasional Jangka Panjang level ‘A (idn)’ bank milik Pemprov Banten ini mencerminkan standar risiko gagal bayar yang rendah terhadap emiten lain atau kewajiban perusahaan/surat hutang relative rendah di Indonesia.

Selain itu, Fitch Rating Indonesia memandang bahwa sebagai Bank Pembangunan Daerah, Bank Banten memberikan dampak kepada pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Banten. Hal ini bisa ditunjukkan dari pangsa pasar yang mencapai 25 % dari total aset daerah.

Penyaluran kredit consumer sebagai model bisnis utama Bank Banten juga menyasar pada segmen Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berada di wilayah Banten, dengan pengembalian pinjaman diatur melalui mekanisme pemotongan gaji ASN di Bank Banten dipandang mempunyai risiko gagal bayar yang rendah sehingga dapat menjaga rasio NPL berada di level aman.

Direktur Utama Bank Banten Fahmi Bagus Mahesa merespon positif pemberian rating single A kepada lembaganya itu. “Harapan kami dengan diberikannya kembali rating ‘A(idn)’ dari Fitch Rating dapat semakin meningkatkan kepercayaan nasabah dan investor kepada Bank Banten serta meningkatkan kepercayaan dari Pemegang Saham Pengendali Terakhir,” tutur Fahmi.

Undian Bagi Nasabah

Sebelumnya, Bank Banten kembali melakukan pengundian dan penyerahan hadiah Program Customer Reward Kredit Konsumer periode Oktober-Desember 2019 di Serang, Selasa (14/1/2020). Program tersebut merupakan bentuk apresiasi Bank Banten kepada para nasabah     yang telah mempercayai Bank Banten sebagai Bank kebanggaan masyarakat Banten sekaligus dalam rangka memeriahkan HUT ke-19 Provinsi   Banten 2019 lalu.    

Pengundian hadiah dilakukan secara acak lewat pengambilan bola dalam fishball yang sudah tertulis nama-nama para nasabah. Pengambilan undian disaksikan oleh Jajaran Direksi Bank Banten, Kepolisian setempat  dan Notaris.

“Program Customer Reward ini merupakan salah satu upaya Bank Banten untuk terus menjalin komunikasi dengan para nasabah setia Bank Banten yang loyal. Terutama pada nasabah Kredit Konsumer yang merupakan pilar utama pertumbuhan Kredit Bank Banten,” ujar Direktur Bank Banten Jaja Jarkasih. (wib)

Share :