FOKUS :

Lembaga Uji Kompetensi Wartawan Harus Jalan

Rapat kerjasama rencana UKW dan ToT antara Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) dan Lembaga UKW UPDM. (Foto: Ist)    ...

BACK_BANNER_DOG

Bank Banten Kembali Raih Peringkat A(idn) dari Fitch Ratings Indonesia

Dirut Bank Banten ok

Direktur Utama Bank Banten Fahmi Bagus Mahesa (Humas Bank Banten)

Sugawa.id – Bank Banten kembali meraih peringkat nasional jangka panjang di A(idn) dengan outloook stabil dari Fitch Ratings Indonesia. Adapun peringkat nasional di kategori ‘A’ menunjukkan ekspektasi akan risiko gagal bayar yang relatif rendah terhadap emiten atau surat utang lainnya.

Peringkat Bank Banten dari ekspektasi Fitch ini menjadi dukungan yang luar biasa, didorong oleh pentingnya proposisi bank pembangunan daerah bagi Pemprov Banten. Bank Banten dipandang oleh Fitch memiliki pangsa pasar dari total aset perbankan di provinsi sekitar 2% pada akhir 9M20 dengan kecenderungan akan meningkat secara signifikan dalam jangka menengah.

“Penetapan peringkat oleh Fitch Ratings akan memberikan pandangan secara objektif tentang outlook kinerja Bank Banten ke depan. Hal ini merefleksikan adanya komitmen yang kuat dari Pemerintah Provinsi Banten untuk mendukung model bisnis Bank Banten sebagai Bank Pembangunan Daerah,” ujar Direktur Utama Bank Banten Fahmi Bagus Mahesa dalam rilisnya yang diterima Sugawa.id, Kamis (3/12/2020).

Sebagaimana diketahui, Provinsi Banten memiliki pangsa pasar yang besar bagi Dana Pihak Ketiga (DPK) Bank Umum. Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan, DPK Bank Umum yang berasal dari Banten tercatat meningkat mencapai Rp 198,5 triliun di bulan Juni 2020, atau meningkat signifikan dari posisi per akhir tahun 2015 sebesar Rp 129,6 triliun.

Per Juni 2020, Banten juga menjadi provinsi penyumbang DPK nasional terbesar keenam, dengan pangsa pasar DPK sebesar 3,2% dari total DPK secara nasional. Tingginya DPK Bank Umum yang berasal dari Provinsi Banten ini menunjukkan potensi pendanaan bank yang kuat di Banten.(wib)

Share :