FOKUS :

Mahfud MD Minta Aparat Usut Kasus Syekh Ali Jaber Secara Tuntas

Menko Polhukam Mahfud MD. (foto: terkini)   Sugawa.id – Menko Polhukam Mahfud MD meminta aparat baik aparat keamanan maupun intelijen...

1-min

Awas, Telat Lapor SPT Pajak Bisa Kena Denda

Illustrasi – Dok Foto : Tirto.id

Sugawa.id – Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Pajak ( DJP) mewajibkan setiap warga negara untuk melaporkan surat pemberitahuan tahunan ( SPT) Pajak Penghasilan untuk tahun pajak 2019. Keterlambatan pelaporan akan menyebabkan wajib pajak (WP) terancam sanksi denda.

Humas Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan Ani Natalia menyatakan sanksi denda kepada wajib pajak yang terlambat melapor atau membayar pajak antara Rp 100.000 hingga Rp 1 juta. “Keterlambatan pelaporan SPT Tahunan dikenakan sanksi denda untuk WP orang pribadi sebesar Rp 100.000, dan WP badan denda Rp 1 juta,” ujar Ani, Jumat (7/2/2020).

Lalu dari mana kita dapat mengetahui jumlah besaran denda yang kita terima,berdasarkan penelusuran di website www.klikpajak.com, para wajib pajak yang terlambat melaporkan SPTnya akan mendapatkan surat Tagihan Pajak (STP) dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat tinggalnya, atau bisa juga mengeceknya langsung ke KPP terdekat dan menanyakan STP secara langsung.

Jika sudah mendapatkan SPT, wajib pajak dapat membayar denda ke bank yang telah ditetapkan oleh Kementerian Keuangan untuk melayani penyetoran pajak atau membayarnya di kantor pos terdekat. Jadi sebelum terlambat, ada baiknya wajib pajak memperhatikan ketentuan-ketentuan tersebut.(wib)

Share :