FOKUS :

RUU PKS “Kalah Seksi” dari Omnibus Law Cipta Kerja

RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) kalah seksi dengan UU Cipta Kerja. Buktinya meski telah dibahas hampir 6 tahun, RUU ini...

1-min

Warga Depok Prioritas Dapat Vaksin Covid 

Gubernur Ridwan kamil ok

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Sugawa.id)

Sugawa.id – Pemprov Jawa Barat (Jabar) memprioritaskan Depok sebagai kota pertama yang mendapat vaksin Covid-19 di wilayahnya. Karena daerah ini merupakan zona merah kasus penularan virus Corona terbesar Jabar.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan, telah merencanakan Kota Depok sebagai kota pertama yang mendapat vaksin COVID-19 di antara Kabupaten/Kota di Jabar. Bahkan usulan itu telah diajukan ke pemerintah pusat.

“Jika usulan saya disetujui, maka bulan depan itu warga Depok sudah mulai ada yang divaksin. Jadi vaksin yang dibeli dari luar negeri akan datang bulan depan datang. Sementara yang diproduksi dalam negeri (Biofarma) ibaru Januari,” kata Ridwan Kamil, Kamis (15/10/2020).

Kang Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil, menyatakan alasan menjadikan Kota Depok sebagai lokasi pertama pemberian vaksin Covid-19 disebabkan daerah itu merupakan penyumbang terbesar kasus harian penularan Covid-19 di Jawa Barat dan Bodebek. Bahkan peningkatan pasien baru di kota ini setiap pekan terus menanjak. Ditambah masyarakat kota ini tidak mengindahkan protokol kesehatan saat beraktivitas.

“Itu realitanya, jadi nanti Bodebek didahulukan. Ya laporan dari Gugus Tugas Penanganan Covid Pusat menyebut Depok zona paling rawan peningkatan Covid. Memang sangat tinggi orang yang tertular Corona di sini,” paparnya.

Mantan Wali Kota Bandung ini juga menyatakan, adapun pihak yang pertama divaksin adalah petugas medis, jurnalis dan masyarakat. Selanjutnya aparatur sipil negara (ASN) serta pegawai swasta hingga pekerja pusat perbelanjaan.

Menurutnya, vaksinasi saat ini masih menjadi solusi utama dalam mengentaskan permasalahan Covid-19 yang melanda Indonesia sejak 7 bulan belakangan.(ndi)

Share :