FOKUS :

Ketika Edhy “Tersandung” Benih Lobster

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus ekspor benih lobster. Dalam kasus...

1-min

Wali Kota Depok Tak Langgar Aturan Soal Pemulangan Kadiskominfo 

Mohammad-Idris-Pradi-Supriatna-696x387

Ilustrasi ASN Pemkot Depok. (foto: kastara)

 

Sugawa.id – Tiap aparatur sipil negara (ASN) yang diperkerjakan berpeluang dapat dikembalikan ke tempat asalnya. Begitu pun dengan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Kota Depok Sidik Mulyono. 

Asisten Komisioner (Askom) ASN Pengawasan Bidang Penerapan Sistem Merit Wilayah 2 Antonius Sumaryanto menanggapi pembebastugasan Sidik dari Diskominfo Kota Depok. 

Menurut Antonius, pengembalian Sidik ke tempat asalnya di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11/2017 tentang Manajemen ASN Pasal 131 dan 132. 

Di pasal itu dijelaskan, seorang pimpinan tinggi dapat dimutasi pada jabatan lain atau dikembalikan, minimal memangku jabatan dua (2) tahun. 

Sidik dikembalikan ke BPPT oleh Wali Kota Depok Mohammad Idris Abdul Shomad selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) di Kota Depok lantaran Sidik telah menjabat tiga (3) tahun sebagai Kadiskominfo Kota Depok. 

“Kalau berdasarkan aturan wali kota tidak salah menerapkan kebijakan atau mengembalikan ke BPPT,” ungkap Antonius, Jumat (15/5/2020).

Ia menjelaskan, dalam UU ASN yang mulai berlaku 15 Januari 2014 mengatur tentang penempatan pejabat. Pejabat dapat dimutasi apabila yang bersangkutan sudah mengisi jabatan 2 tahun. “Kalau pejabat kinerjanya kurang bagus 2 tahun boleh diganti,” katanya. 

Akan tetapi, sebelum pejabat tersebut diganti atau dikembalikan ke tempat asalnya, kata dia, Wali Kota Depok harus melampirkan alasan tertulis. 

Saat ditanya soal tidak adanya tembusan surat ke Sekretaris Daerah (Sekda) dari Wali Kota Depok, lanjut Antonius, hal itu bertentangan dengan aturan. Artinya membatasi kinerja sekda. 

“Karena  Sekda tugasnya melaksanakan koordinasi kepada OPD  dan mengendalikan anggaran daerah, ” tandasnya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok Supian Suri menuturkan, pemulangan Kadiskominfo Kota Depok ke tempat asalnya BPPT tengah dalam proses. “Beliau (Sidik) sudah tiga tahun menjabat sebagai Kadiskominfo, ya kita kembalikan ke BPPT. Setelah itu, kita buka lowongan mengisi jabatan tersebut,” singkatnya. (ter)

Share :