FOKUS :

Mahfud MD Minta Aparat Usut Kasus Syekh Ali Jaber Secara Tuntas

Menko Polhukam Mahfud MD. (foto: terkini)   Sugawa.id – Menko Polhukam Mahfud MD meminta aparat baik aparat keamanan maupun intelijen...

1-min

Wakil Ketua DPRD Depok Pertanyakan Pemotongan Dana Bansos

WhatsApp Image 2020-04-23 at 14.34.21

Wakil Ketua I DPRD Kota Depok Yeti Wulandari. (foto: sugawa.id)

 

Sugawa.id – Wakil Ketua I DPRD Kota Depok Yeti Wulandari angkat bicara terkait pemotongan dana bantuan sosial (Bansos) oleh oknum rukun tetangga (RT) kepada warga yang terdampak pandemi virus corona atau Covid-19 dan pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang diterapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. 

Untuk mengetahui kebenarannya, Yeti menyatakan sebaik nya dilakukan pengecekan apakah pemotongan itu lantaran mendesak. “Sebelum pengadilan memutuskan kita tidak boleh berasumsi. Kita harus tetap mengedepankan azas praduga tidak bersalah,” ucap Yeti.

Ia menuturkan, berdasarkan informasi yang diperoleh tindakan pemotongan oleh oknum RT akibat jumlah penerima bansos pandemi virus corona di lingkungannya lebih sedikit dibandingkan yang diusulkan. “Nah, kalau persoalannya terkait data yang diajukan bagaimana? Warga ini dapat dan warga itu tidak, tapi secara ekonomi mereka sama. Apakah itu tidak menimbulkan kecemburuan sosial,” katanya. 

Meski demikian, dirinya juga mendengar jika pemotongan tersebut untuk kepentingan kelompok tertentu. “Kalau soal itu harus ditelaah dulu, apa sih yang terjadi sebenarnya. Kondisi saat ini bisa aja timbulkan polemik karena ada warga yang merasa dizalimi,” bilangnya. 

Namun, apabila pemotongan dana bansos tersebut demi kepentingan pribadi, masih kata Yeti, pihak berwenang wajib bertindak. (ter)

Share :