FOKUS :

Heboh Pembebasan Bersyarat Napi Eks Tipikor, Ini Loh Aturan Hukumnya

Kabag Humas dan Protokol Dirjen Pas, Rika Apriant. (foto: sugawa.id)   Sugawa.id – Sejumlah narapidana eks kasus tindak pidana korupsi...

BACK_BANNER_DOG

UMK Tahun 2022 Dipastikan Naik

umk

UMK di Kota Depok dipastikan naik dan tinggal menunggu keputusan dari Wali Kota Depok Mohammad Idris. (foto: hariansedrhana)

 

Sugawa.id – Besaran upah minimum kota (UMK) untuk Kota Depok pada 2022 belum dipastikan. Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Depok Mohammad Thamrin mengungkapkan, di tahun 2022 mendatang, UMK di Kota Depok dipastikan naik dan tinggal menunggu keputusan dari Wali Kota Depok Mohammad Idris.

“Nanti ya, saya infokan kalau rekomendasinya sudah ditandatangan Pak Wali,” ujar Thamrin kepada wartawan, Senin (22/11/2021).

Ia menuturkan, pihaknya akan menyampaikan rekomendasi usulan kenaikan UMK. “Kami akan sampaikan rekomendasi formula upah minimum di Kota Depok tahun 2022 kepada Wali Kota Depok pada hari ini Senin 22 November 2021,” katanya.

Satu di antara sejumlah pertimbangan usulan kenaikan UMK, kata Thamrin, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang pengupahan.

“Setiap tahun pasti ada kenaikan. Namun, untuk tahun 2022 tidak besar, karena terdapat perbedaan aturan dari tahun sebelumnya, yakni PP Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan dan UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan,” paparnya.

Selain aturan, masih kata dia, ada pertimbangan lainnya ialah rata-rata pendapatan per kapita, biaya konsumsi setiap rumah tangga. “Semuanya dihitung oleh BPS. Jadi Senin ini kami akan sampaikan formula upah minimum ke Pak Wali. Tentunya rekomendasi yang disampaikan tidak boleh keluar dari PP Nomor 36 Tahun 2021,” tandasnya.

Perlu diketahui, saat ini UMK di Kota Depok sebesar Rp 4.339.514, setelah mengalami kenaikan dari sebelumnya sebesar Rp 4.202.105. (ter)

Share :