FOKUS :

Makna 12.21 dan indoposco.id

Media indoposco.id launching pada Senin, 1 Februari 2021 tepat pukul 12.00 WIB atau diistilahkan “12.21”. (foto: pebri yoga/indoposco.id)   Sugawa.id...

BACK_BANNER_DOG

Tiga Rumah di Depok Tertimbun Longsor

Longsor

Tiga rumah tertimbun material longsor di Jalan Ngarai RT004/07 Kelurahan Palsi Gunung Selatan, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. (Foto: Ist)

 

Sugawa.id – Tiga rumah tertimbun material longsor di Jalan Ngarai RT004/07 Kelurahan Palsi Gunung Selatan, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. Peristiwa itu terjadi setelah hujan lebat mengguyur wilayah tersebut. 

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok Deny Romulo Hutauruk menuturkan, longsor terjadi saat hujan deras melanda wilayah tersebut. Yang dimana bukit setinggi tujuh meter menimbun tiga rumah yang ada di bawahnya. 

“Waktu hujan deras, bukit yang di atas longsor karena airnya deras sekali. Di bawah tebing ada tiga rumah yang dihuni 13 orang tertimbun,” ujar Deny saat dikonfirmasi, Minggu (21/2/2021).

Dikatakan Deny, saat longsor terjadi seluruh penghuni rumah langsung berhamburan untuk menyelamatkan diri. “Pemilik rumah keluar ke lokasi yang dianggap aman,” terangnya.  

Selain menimbun rumah, ada empat kendaraan roda dua milik warga yang tertimbun. Untungnya dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa lantaran para penghuni langsung berhamburan. “Untukv kerugian masih dihitung,” imbuhnya. 

Dari kejadian itu, sambung dia, pihaknya berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dal hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok. “Mereka lebih memahami teknis dan analisis penanganan,” ucapnya. 

Masih kata Deny, hujan deras yang melanda Kota Depok secara terus menerus mengakibatkan beberapa perumahan mengalami kebanjiran. Yakni, Taman Duta, Bukit Cengkeh 2 dan Kenari Residence. Ketinggian air berkisar 70 sampai 100 sentimeter.

Banjir di Kenari Residence, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok disebabkan tanggul jebol, sehingga air meluap dan masuk ke rumah-rumah warga.

 “Ada 41 kepala keluarga (KK) kami ungsikan dengan perahu karet,” ungkapnya. 

Sementara banjir di Perumahan Taman Duta dan Bukit Cengkeh 2 akibat meluapnya Situ Pengarengan Kelurahan Bhaktijaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok.(ter) 

Share :