FOKUS :

Ketika Edhy “Tersandung” Benih Lobster

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus ekspor benih lobster. Dalam kasus...

1-min

Tiga Puluh Gorong-gorong Depok Dalam Kondisi Memprihatinkan

Kadis PUPR Depok ok

Kadis PUPR Kota Depok Dadan Rustandi (sugawa.id)

Sugawa.id – Puluhan gorong-gorong jalan di Kota Depok dalam kondisi mengenaskan. Itu dikarenakan gorong-gorong tersumbat material lumpur dan sampah.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok Dadan Rustandi tak berkilah dengan kondisi tiga puluh gorong-gorong di Kota Depok dalam kondisi memprihatinkan dan rawan banjir akibat tersumbat material lumpur dan sampah. “Ya, tiga puluh gorong-gorong di Kota Depok memprihatinkan karena banyak material lumpur dan sampah,” kata Dadan. 

Ia pun mengaku dari tiga puluh gorong-gorong jalan yang ada di Depok, dua di antaranya sangat memprihatinkan. Yakni, gorong-gorong bawah fly over Arif Rahman Hakim dan gorong-gorong SPBU Jalan Margonda. 

Sebab tiap hujan deras mengguyur air dari gorong-gorong tersebut naik sehingga menimbulkan genangan banjir. Akibat itu, kata Dadan, sepertiga tenaga PUPR Kota Depok difokuskan di sana tiap hari. “Sepertiga tenaga kita digunakan membersihkan sampah gorong-gorong, supaya jalan-jalan dan permukiman warga tidak kebanjiran,” tuturnya. 

Langkah tersebut dilakukan sesuai arahan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk mewaspadai dinamika banjir di kota ini. “PUPR Kota Depok mewaspadai bahaya banjir di dua lokasi ini,” ucapnya. 

Ia mengatakan, telah memerintahkan satgas banjir agar fokus pada penanganan pembersihan gorong-gorong baik di bawah fly over dan SPBU Jalan Margonda maupun di 28 gorong-gorong lainnya yang ada di Kota Depok. “Di semua titik gorong-gorong kami turunkan tim dan satgas banjir membersihkan dan mengangkat lumpur dan sampah agar mencegah terjadinya banjir,” ujarnya. 

Dadan juga berpesan kepada warga untuk tidak menutup dan menjadikan gorong-gorong sebagai tempat usaha. “Masyarakat tolong jangan membuang sampah ke gorong-gorong supaya maksimal air mengalir,” pungkasnya. (ter)

Share :