FOKUS :

Lembaga Uji Kompetensi Wartawan Harus Jalan

Rapat kerjasama rencana UKW dan ToT antara Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) dan Lembaga UKW UPDM. (Foto: Ist)    ...

BACK_BANNER_DOG

Selama Pandemi Hanya 80 Kendaraan di Uji KIR Per Hari 

UJI KIR

Ilustrasi. (Foto: Ist)

 

Sugawa.id – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok menyatakan selama pandemi Covid-19 hanya memberikan pelayanan Uji KIR sebanyak 80 kendaraan per harinya. Jumlah tersebut lebih sedikit dibandingkan sebelum terjadi pandemi di Indonesia khususnya Kota Depok yakni sebanyak 120 kendaraan.

“Biasanya sehari kami siapkan 120 kendaraan kalau dalam situasi normal, sekarang kami kurangi sekitar 40 persen kuotanya, jadi sekitar 80 kendaraan setiap harinya,” kata Kepala UPT Uji Kir Hadian Suryana, Rabu (17/3/2021).

Hadian menuturkan, bahwa ada beberapa tahapan dan Uji KIR yang didalamnya termasuj Uji Emisi mengenai polusi yang terdapat di kendaraan. Tiap kendaraan yang akan di Uji KIR memakan waktu beragam, tergantung usia hingga kondisi kendaraan. 

“Kami siapkan waktu sekitar 30 sampai 50 menit untuk satu mobil, tapi rata-rata biasanya tidak sampai segitu waktunya. Biasanya yang lama adalah kendaraan tahun lama karena kondisinya, sehingga harus di cek secara teliti,” ungkapnya.

Mengenai biaya Uji KIR, sambung Hadian, paling terendah sebesar Rp 25.000 untuk kendaraan standart seperti angkutan umum. Biaya tersebut meliputi sertifikat Uji KIR yang di dalamnya terdapat hologram untuk uji emisi. 

“Nah yang membedakan biaya itu dari berat yang dimiliki setiap kendaraan, setiap bobot kendaraan lebih berat ada biaya penambahan Rp 20 ribu,” bebernya.

Saat ini, masih kata dia, pihaknya lagi fokus untuk menyiapkan pelayanan Uji KIR secara online, tapi masih mengalami kendala akibat pandemi. Padahal pihak Bank BJB telah siap untuk merealisasikan ini. 

“Iya masih menunggu pihak ketiga untuk merealisasikannya. Seharusnya sudah bisa berjalan tapi harus tertunda karena pandemi,” imbuhnya.

Pendaftaran secara online akan membantu dan memperlancar pelayanan Uji KIR. Apabila terealisasi, pendaftaran dapat dilakukan di Gedung Uji KIR atau di Kantor Bank BJB. (ter) 


Share :