FOKUS :

Ketika Edhy “Tersandung” Benih Lobster

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus ekspor benih lobster. Dalam kasus...

1-min

Selama 7 Tahun, Wali Kota dan Pemkot Depok 23 Kali Digugat Warga ke Pengadilan

WhatsApp Image 2020-04-17 at 09.07.40

Pengadilan Negeri Depok (illustrasi)

Sugawa.id– Pengadilan Negeri (PN) Depok mencatat ada 23 perkara perdata yang melibatkan Wali Kota Depok dan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok selama tahun 2013 sampai sekarang. 

Pernyataan itu disampaikan Juru Bicara PN Depok Ahmad Fadil yang juga sebagai hakim di pengadilan tersebut.
“Berdasarkan Sistem Informasi Penyampaian Perkara (SIPP) PN Depok ada sebanyak 23 perkara yang melibatkan Wali Kota Depok maupun Pemkot Depok,” ucap Fadil, Senin (10/8/2020).

Dari jumlah perkara perdata yang tercatat itu, dijelaskan Fadil, 11 perkara berstatus berkekuatan hukum tetap (inkrach), 7 perkara masih dalam proses banding, 3 perkara masih dalam proses kasasi, dan 2 masih dalam tahap persidangan di PN Depok. “Hanya 11 perkara yang sudah inkrach,” katanya. 

Ia menambahkan, dari 23 perkara perdata yang tercatat di PN Depok semuanya yang mendaftarkan atau sebagai penggugat ialah masyarakat.  21 perkara perdata dari jumlah yang terdaftar di PN Depok, kata Fadil, semuanya terkait sengketa tanah. 

“Sedangkan 2 perkara lainnya terkait pemasangan portal di depan rumah warga dan pengurus pada lingkungan tingkat Rukun Tetangga (RT) 001/003 Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, yang telah diangkat,” bebernya. (ter)

Share :