FOKUS :

Mahfud MD Minta Aparat Usut Kasus Syekh Ali Jaber Secara Tuntas

Menko Polhukam Mahfud MD. (foto: terkini)   Sugawa.id – Menko Polhukam Mahfud MD meminta aparat baik aparat keamanan maupun intelijen...

1-min

Satlantas Polrestro Depok Gratiskan Pengurusan SIM

Dalam rangka HUT Bhayangkara ke-74 Satlantas Polrestro Depok luncurkan program pengratisan SIM. (foto: sugawa.id)

 

Sugawa.id – Dalam rangka HUT Bhayangkara ke-74 Satlantas Polrestro Depok luncurkan program pengratisan SIM. Namun, ada syarat yang harus dipenuhi pemohon untuk mendapatkan pelayanan tersebut.

Kasat Lantas Polrestro Depok Komisaris Erwin Aras Genda mengatakan, bantuan itu diberikan jajarannya untuk mengapresiasi para warga yang lahir bertepatan dengan perayaan HUT Bhayangkara. Apalagi, kegiatan itu dilaksanakan satu tahun sekali. Sehingga hal tersebut pun menjadi perhatian Satlantas Polrestro Depok.

“Ini bentuk pelayanan kami di hari HUT Polri tahun ini. Jadi kami gratis bagi masyarakat, tapi ini dikhususkan buat warga Depok. Karena itu silakan mereka datang dan mendaftarkan diri,” katanya, Selasa (30/06/2020).

Erwin menyatakan, ada beberapa syarat yang harus dapat ditunjukkan pemohon untuk mendapatkan pelayanan pengratisan SIM itu. Yakni harus memiliki KTP Kota Depok, dan lahir pada 01 Juli. Selanjutnya, untuk pemohon SIM baru, wajib lulus test kesehatan, lulus teori dan praktek. Sedangkan untuk perpanjangan SIM, wajib lulus test kesehatan dan melampirkan SIM yang asli.

“Permohonan SIM Baru maupun Perpanjangan gratis ini pada 1 Juli 2020 merupakan kerjasama Polres Metro Depok dengan BRI untuk memeriahkan Hari Jadi Bhayangkara ke-74. Untuk biaya PNBP nya akan dicover oleh BRI,” ungkapnya.

Untuk kuota, Erwin mengaku, pihaknya menyiapkan 100 pemohon. Baik itu 

permohonan SIM baru maupun perpanjangan. Warga dapat menikmati program ini di Polres Metro Depok atau di Satpas 1221 Pasar Segar.

“Pendaftaran telah dibuka setiap hari hingga 01 Juli 2020. Dan akan di proses dan berlaku hanya pada tanggal 01 Juli 2020. Tentunya dengan mematuhi protokol Covid-19,” imbuhnya.

Erwin berharap dengan pelayanan tersebut dapat membantu warga mendapatkan SIM. Dan juga mengingat HUT Polri. Karena dengan sinergitas itu akan membuat kedekatan Polri dengan masyarakat semakin kuat.

Sementara itu, salah satu warga Depok, Jamroni Arifin menuturkan, cukup senang dan bangga dengan pelayanan yang diberikan Satlantas Polrestro Depok. Dia mengaku tidak mengeluarkan sepeser pun uang untuk mendapatkan SIM A. Sebab semua persyaratan yang ditetapkan kepolisian telah dilengkapi.

“Kan urus SIM harus ikuti prosedur. Mumpung gratis ya saya ikut lah karena jarang ada seperti ini. Tadi saya buat dan tidak bayar sama sekali. Alhamdulilah ini sangat membantu warga yang ingin punya sim,” tuturnya. (ndi)

Share :