FOKUS :

Kapenrem 143 Kendari: Ruslan Buton Statusnya Sudah Dipecat Dari TNI AD

Kepala Penerangan Komando Resimen (Kapenrem) 143/Kendari, Mayor Sumarsono. (foto: sugawa.id)   Sugawa.id – Kepala Penerangan Komando Resimen (Kapenrem) 143/Kendari, Mayor...

Fa_Banner CORONA

PN Depok Mulai Lakukan Sidang Online

WhatsApp Image 2020-03-31 at 15.24.13

PN Depok mulai menjalankan sidang secara online. (foto: janter/sugawa.id)

 

Sugawa.id – Pengadilan Negeri (PN) Depok, Jawa Barat, menggelar sidang secara online dalam mengantisipasi penyebaran pandemi virus corona atau Covid-19 yang semakin masif. Untuk perkara pidana dengan menggunakan sistem video teleconference sedangkan di perkara perdata sistem E-Court. 

Humas Pengadilan Negeri (PN) Depok Nanang Herjunanto mengatakan, sistem ini digunakan berdasarkan Surat Edaran Mahkamah Agung RI Nomor 01 Tahun 2020 dan Petunjuk dari Dirjen Badan Peradilan Umum. 

“Sidang secara online ini berdasarkan petunjuk dari Badilum Mahkamah Agung untuk mencegah penyebaran Virus Covid-19 di masing-masing Pengadilan Negeri di Indonesia sehingga masyarakat tidak perlu lagi datang ke Pengadilan untuk menghadiri sidang salah seorang keluarganya,” ujar Nanang, Selasa (31/3/2020).

Teleconference yang digunakan dalam perkara pidana, kata Nanang, majelis hakim berada di ruang sidang, sedangkan jaksa penuntut umum (JPU) dan jika agenda sidangnya saksi berada di Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok, sedangkan terdakwa berada di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Cilodong, Depok dengan pengawalan. “Semuanya tersambung melalui jaringan internet. Sementara untuk penasehat hukum dari terdakwa, dapat hadir di PN Depok atau Rutan,” jelasnya. 

Sedangkan untuk aplikasi E-Court dalam perkara perdata, masih kata dia, para pihak dapat mengajukan gugatan dengan aplikasi tersebut tanpa perlu datang ke PN Depok. Namun kalau agenda sidangnya pembuktian diwajibkan datang. 

“Untuk agenda pembuktian maupun saksi di perkara perdata semua pihak wajib hadir di pengadilan. Sedangkan dalam jawaban, replik, duplik dan kesimpulan para pihak bisa mengirimkan melalui email ke PN Depok. Termasuk panggilan sidang atau relas, dikirimkan melalui email yang didaftarkan di PTSP PN Depok,” tandasnya. (ter)

Share :