FOKUS :

Mahfud MD Minta Aparat Usut Kasus Syekh Ali Jaber Secara Tuntas

Menko Polhukam Mahfud MD. (foto: terkini)   Sugawa.id – Menko Polhukam Mahfud MD meminta aparat baik aparat keamanan maupun intelijen...

1-min

Petugas Kesehatan Diminta Door to Door Terkait Rapid Test Covid

Sekda Kota Depok Hardiono. (Sugawa.id)

Sugawa.id – Guna mencegah semakin masifnya penyebaran pandemi virus corona atau Covid-19 di Kota Depok, petugas kesehatan diminta mendatangi Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ke rumahnya. Sebab dengan begitu kerumunan orang dalam satu tempat dapat terhindari.

“Model ini, menurut saya sebagai dokter lebih efektif karena tidak timbulkan kerumunan,” ucap Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Hardiono, Jumat (27/3/2020).

Dari langkah tersebut, kata dia, ada banyak keuntungan jika rapid test itu dilaksanakan. Pertama, warga tidak perlu lagi berbondong-bondong datang ke puskesmas. Kedua warga tidak perlu lagi mengocek kantongnya untuk ongkos naik angkutan, baik itu angkot atau pun ojek online. Ketiga, penyebaran Covid-19 terhindar ke orang lain yang bukan ODP atau PDP. “Karena menurut saya warga juga belum tentu mau datang untuk tes cepat atau rapid test corona,” katanya.

Menurutnya, dengan mendatangi rumah ODP dan PDP petugas kesehatan juga dapat memberikan himbauan kepada maayarakat terkait penyakit tersebut. “Pengambilan sampel darah dan sosialisasi dengan cara mendatangi rumah-rumah warga secara door to door, dengan tujuan untuk memberikan himbauan terkait pencegahan penyebaran Covid-19 menurut saya lebih efektif dalam memutus mata rantai Covid-19,” ungkap Hardiono.

Karena, masih sambung dia, apabila penanganan rapid test itu dilakukan di suatu titik atau terpusat seperti di puskesmas dapat membahayakan. “Akan terjadinya kerumunan dan pencegahan penyebaran Covid-19 tidak terlaksana,” tutupnya. (ter)

Share :