FOKUS :

Langkah Polri Tangkap Penimbun Masker di Sejumlah Daerah

Sugawa.id – Maraknya aksi penimbunan masker berhasil dibongkar jajaran kepolisian dalam beberapa hari berselang. Sejumlah kasus penggerebekan pelaku dan pembongkaran...

Banner DUKA CITA SUGAWA

Peras Perusahaan Limbah, Oknum Wartawan Ditangkap

uang suap

Ilustrasi – Dok Foto : Republika

 

Sugawa.id – Empat oknum wartawan diringkus petugas Satreskrim Polres Cilegonkarena dituduh melakukan pemerasan terhadap PT Wastec sebesar Rp200 juta. Keempat orang tersebut adalah EM alias Eman, ST, AH dan LH. Kempatnya berasal dari dua media berbeda. EM adalah wartawan Internasional.co.id, sedangkan ST, AH dan LH dari Teropong.

Menurut informasi pemerasan itu berawal saat empat oknum wartawan ini menemukan dugaan pelanggaran pengelolaan limbah oleh PT Wastec. Kemudian salah seorang pelaku menelepon AA dari PT Wastec dan membeberkan dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh perusahaan yang berlokasi di kawasan industri PT Krakatau Steel (KS).

AA kemudian berinisiatif menemui dan disepakati lokasi pertemuan di salah satu kafe area Krakatau Junction, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon, Kamis (27/2). Dalam pertemuan itu, keempat oknum wartawan meminta uang pengganti transport dan oleh AA diberikan Rp3 juta. Namun uang itu ditolak.

Keempat oknum wartawan minta uang Rp200 juta sebagai kompensasi agar dugaan pelanggaran perusahaan penyedia jasa pengangkutan, pengolahan dan pengumpulan limbah B3 (bahan berbahaya dan beracun) tidak dipublikasikan.

Lantaran nilai yang diminta cukup besar, AA manyatakan akan menghubungi atasannya dan kemudian dia menghubungi pihak kepolisian. Setelah itulah baru dia menemui keempat pelaku. Sementara polisi yang menerima laporan sudah mengintai pertemuan mereka.

Dalam pertemuan itu akhirnya disepakati kalau AA akan memberikan uang sebesar Rp30 juta dan saat serah terima uang itulah polisi langsung menyergap keempat wartawan tadi.

Kapolres Cilegon Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Yudhis Wibisana, Jumat (28/2) membenarkan peristiwa pemerasan itu. “Karena merasa tertekan, korban akhirnya melaporkan kasus ini ke polisi dan kami melakukan penangkapan. Kami masih mendalami kasus ini,” ujar Yudhis.

Polisi mengamankan keempat pelaku dan uang tunai Rp30 juta sebagai barang bukti. Polisi juga mengamankan mobil Daihatsu Xenia warna hitam yang dipakai para pelaku dalam aksi pemerasan itu. (ber)

Share :