FOKUS :

Langkah Polri Tangkap Penimbun Masker di Sejumlah Daerah

Sugawa.id – Maraknya aksi penimbunan masker berhasil dibongkar jajaran kepolisian dalam beberapa hari berselang. Sejumlah kasus penggerebekan pelaku dan pembongkaran...

Banner DUKA CITA SUGAWA

Penyebaran DBD di Depok Juga Harus Diwapadai

WhatsApp Image 2020-03-18 at 21.56.01

Kadis Kesehatan Kota Depok Novarita. (Foto: Janter/sugawa.id)

 

Sugawa.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok meminta masyarakat jangan hanya fokus terkait penyebaran virus corona atau Covid-19, namun juga harus mengantisipasi penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD). Sebab dari data yang dihimpun Dinkes Kota ada tiga wilayah masuk zona merah penyebaran penyakit DBD.

“Ketiga wilayah itu ialah Kecamatan Cimanggis, Pancoran Mas, dan Sawangan. Jadi masyarakat jangan sibuk sama corona, lalu abaikan DBD,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Depok Novarita, Rabu (18/3/2020). 

Novarita menuturkan, langkah antisipasi yang dilakukan oleh pihaknya dalam menekan angka penyebaran penyakit DBD di kota ini dengan mengeluarkan surat edaran pemberantasan sarang nyamuk (PSN), meningkatkan monitoring kasus DBD, dan memperkuat sinergi antara puskesmas dan rumah sakit di Depok. “Kami sudah dan terus melakukan penanganan kasus DBD supaya tidak meningkat dan masyarakat terbebas dari penyakit itu,” ujarnya. 

Selain melakukan upaya itu, pihaknya juga melakukan pemeriksaan jentik berkala (PJB), larvasidasi di wilayah masing-masing dengan melaksanakan pengasapan (fogging).

“Kami sudah berikan surat edaran kepada seluruh perangkat daerah, kecamatan, kelurahan, dan puskesmas se-Kota Depok,” imbuhnya. 

Dari berbagai upaya yang telah dilakukan dirinya berharap kasus DBD di Kota Depok dapat diminimalisir. Tentu hal tersebut harus ditopang dengan kontribusi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Untuk diketahui, sejak awal Januari 2020 sampai saat ini Dinkes Kota mencatat ada sekitar 288 kasus DBD. Dari jumlah tersebut, tiga diantara meninggal dunia. (ter)

Share :