FOKUS :

Ketika Edhy “Tersandung” Benih Lobster

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus ekspor benih lobster. Dalam kasus...

1-min

Penghuni Ponpes Baitul Hakim Depok Diswab Massal

Covid Swab Liputan 6

Ilustrasi Swab Covid (Liputan 6)

Sugawa.id – Ratusan penghuni Pondok Pesantren (Ponpes) Baitul Hakim, Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok menjalani swab massal.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC) Kota Depok Dadang Wihana mengungkapkan, bahwa swab massal ini dilakukan setelah puluhan santri dan pengasuh Ponpes positif Covid-19. “Swab massal cepat kami lakukan kepada 300 santri dan pengurus Ponpes,” kata Dadang, Kamis (12/11/2020).

Mulai kasus ini terjadi pada Rabu (11/11/2020), kata Dadang, petugas Puskesmas dari Kelurahan Curug telah menginput data ke Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) di Kota Depok untuk dilanjutkan swab massal. “Hasilnya diketahui sekitar 2-3 hari,” katanya.

Puluhan orang dari 300 penghuni Ponpes diduga terpapar dari carrier (pembawa). Lantaran selama ini mereka tidak bepergian keluar kota. “Mereka nggak ke mana-mana karena boarding. Iya jelas oleh carier, cuma lagi ditelusuri siapa (carrier) belum ketahuan. Makanya hari ini kita swab,” ucapnya.

Ia menyampaikan, pihaknya sedang melakukan tracking siapa saja yang keluar masuk dalam Ponpes tersebut. Sebab selama santri di dalam berbulan-bulan tidak ditemukan kasus.  “Ini yang lagi ditelusuri siapa saja yang keluar masuk. Apakah pengasuh atau pelajar atau siapa. Kalau santri di dalam. Ini yang masih ditracking oleh tim karena dilihat dari gejala kita lakukan tracking tapi belum ada hasil. Hari ini kita satgas yang dikomando Puskesmas Curug kita lakukan kerjasama dengan RSUI sudah di sana untuk Swab massal,” pungkasnya. (ter)

Share :