FOKUS :

Lembaga Uji Kompetensi Wartawan Harus Jalan

Rapat kerjasama rencana UKW dan ToT antara Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) dan Lembaga UKW UPDM. (Foto: Ist)    ...

BACK_BANNER_DOG

Pengedar Sabu Divonis Jadi Penyimpan Oleh PN Depok

PN Depok

Pengadilan Negeri Depok. (Foto: Ist)

 

Sugawa.id – Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Depok menjatuhkan putusan terhadap penyimpan sabu dua tahun lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umun (JPU) selama 11 tahun penjara. Bahkan, majelis hakim pun tak sependapat dengan JPU yang menyatakan terdakwa atas nama Haeruddin bukan sebagai penjual atau perantara alias kurir sabu. 

Majelis hakim yang diketuai Divo Ardianto dengan anggota Eko Julianto dan Nugraha Medica Prakasa dalam amarnya, menyatakan terdakwa Haeruddin bin Mochtar Saleh terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana tanpa hak menerima narkotika golongan I bukan tanaman yang beratnya melebihi lima gram.

“Menjatuhkan pidana kepada terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama sembilan (9) tahun dan denda sebesar Rp1 miliar dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana penjara selama enam bulan,” kata Divo dalam jalan sidang virtual, Selasa (23/2/2021).

“Menetapkan barang bukti berupa satu buah tas selempang warna hitam yang didalamnya berisi satu buah plastik berukuran sedang yang di dalamnya berisi empat buah plastik klip yang masing-masing berisi sabu dengan perincian sebagai berikut yakni, satu buah plastik klip yang di dalamnya berisi sabu dengan berat brutto 10,10 gram,  satu buah plastik klip yang di dalamnya berisi sabu dengan berat brutto 6,46 gram, satu buah plastik klip yang di dalamnya berisi sabu dengan berat brutto 9,19 gram, satu buah plastik klip yang di dalamnya berisi sabu dengan berat brutto 10,10 gram yang berat total keseluruhan sabu seberat 35,85 gram, satu pak plastik klip kosong, satu buah timbangan elektrik, satu unit handphone merk Vivo warna hitam dengan simcard 085717526882 sebagai alat komunikasi untuk dirampas untuk dimusnahkan,” sambungnya.

Sebelumnya, JPU Adhi Prasetya Handono menuntut terdakwa Haeruddin bin Mochtar Saleh terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar, atau menyerahkan narkotika golongan I bukan tanaman dengan berat melebihi lima gram sebagaimana dalam dakwaan.

“Menjatuhkan pidana terdakwa Haeruddin dengan pidana penjara selama 11 tahun dan pidana denda sebesar Rp1 miliar subsider enam bulan penjara,” ucap Adhi dalam amar tuntutannya. (ter)


Share :