FOKUS :

Ketika Edhy “Tersandung” Benih Lobster

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus ekspor benih lobster. Dalam kasus...

1-min

Pengedar Sabu Divonis Delapan Tahun Penjara

Palu Hakim

(Illustrasi)

Sugawa.id – Pengedar sabu sebanyak 21 paket klip bening atas nama terdakwa Asep Kurnia alias Cibe (29) dijatuhi hukuman selama delapan tahun penjara dalam sidang yang digelar secara virtual di Pengadilan Negeri (PN) Depok, Senin (2/11/2020).

Majelis hakim yang diketuai Forci Nilpa Darma dengan anggota Nanang Herjunanto dan Nugraha Medica Prakasa dalam amar putusannya, menyatakan sependapat dengan Jakaa penuntut umum (JPU).

“Menjatuhkan pidana kepada terdakwa Asep Kurnia alias Cibe dengan pidana penjara selama delapan tahun dan denda sebesar satu miliar rupiah dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayarkan, digantikan dengan pidana penjara selama enam bulan,” kata Forci.

Sebelumnya, JPU AB Ramadhan menuntut terdakwa Asep Kurnia alias Cibe melakukan tindak pidana tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar atau menyerahkan narkotika golongan I bukan tanaman sebagaimana diatur dan diancam dalam Pasal 114 Ayat (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

“Menyatakan Asep Kurnia alias Cibe terbukti bersalah melanggar ketentuan hukum sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 114 Ayat (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika,” ujar AB. Ramadhan dalam tuntutannya.

Asep mengambil narkoba jenis sabu-sabu yang dikemas dalam satu bungkus rokok dari Johan pada Selasa, 10 Maret 2020, di kawasan Pengasinan, Sawangan, Kota Depok. Esoknya satu paket sabu tersebut oleh Cibe dibuka lalu dibagi menjadi 21 bungkus plastik klip bening yang dimasukan ke dalam kotak warna hitam yang bertuliskan Digital Jewellery Scale dan disimpan di atas kandang ayam rumahnya.

Kemudian Cibe ditelepon Tilil (belum tertangkap) yang memesan satu paket sabu seharga Rp 700 Ribu dan disanggupi oleh terdakwa. Lalu janjian bertemu di pinggir Jalan Baru Kelurahan Krukut, Kecamatan Limo, Kota Depok, untuk melakukan transaksi.

Setiba di lokasi, Cibe menunggu Tilil. Tiba-tiba Cibe didatangi Anggota Polresta Metro Kota Depok yang sering mendapatkan informasi bahwa di daerah tersebut sering dijadikan tempat untuk transaksi narkotika. Ketika digeledah polisi menemukan satu bungkus bekas rokok Gudang Garam Filter yang di dalamnya terdapat satu bungkus plastik klip bening yang berisikan sabu.

Cibe odiminta untuk menunjukkan rumahnya di Gang Dinamis RT.03/RW.04 Kelurahan Krukut, Kecamatan Limo, Kota Depok. Di lokasi, Cibe mengaku bahwa masih menyimpan barang haram itu di atas kandang ayam. Saat dibuka, kotak yang bertuliskan Digital Jewellery Scale tersebut di dalamnya berisi tiga bungkus plastik klip masing-masing berisikan kristal warna putih dengan berat netto seluruhnya 2,0767 gram diberi nomor barang bukti 0817/2020/PF.

Selanjutnya, 11 bungkus plastik klip bening isolatip warna hitam yang masing-masing berisikan kristal warna putih dengan berat netto seluruhnya 0,7549 gram dberi nomor barang bukti 0818/2020/PF, dan enam bungkus plastik klip isolatip warna krem yang masing-masing berisikan kristal warna putih dengan berat netto seluruhnya 0,9291 gram diberi nomor barang bukti 0817/2020/PF. (ter)

Share :