FOKUS :

Razman : Kejaksaan Depok, Jangan Bermain Kasus Dugaan Korupsi Damkar

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok. (Foto: Ist)     Sugawa.id – Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok diingatkan untuk...

BACK_BANNER_DOG

Pengacara Tak Punya Surat Kuasa, Sidang Raffi Ahmad Ditunda

ahmad raffi ok

Sugawa.id – Sidang perdana gugatan publik figur Raffi Ahmad terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan di Pengadilan Negeri (PN) Depok, Jawa Barat, ditunda karena empat pengacara dari Kantor Hukum Johan Felix Tampubolon tak bisa menunjukkan surat kuasa dalam persidangan. 

Majelis hakim yang diketuai Eko Julianto dengan anggota Divo Ardianto dan Nugraha Medica Prakasa awalnya menanyakan identitas para pihak yang berperkara dalam jalannya sidang di Ruang Cakra PN Depok. Akan tetapi, kuasa hukum Raffi Ahmad bernama Jonathan Tampubolon tidak bisa menunjukkan surat kuasa.

“Saya Jonathan Tampubolon dari Kantor Hukum Johan Felix Tampubolon baru dapat kuasa secara lisan. Mohon izin diberi kesempatan melengkapi surat kuasa,” ujar Jonathan, Rabu (27/1/2021).

Mendengar hal itu, David Tobing selaku penggugat menyatakan keberatan kepada majelis hakim. Lalu, majelis hakim mengatakan sidang ditunda. Sebab, secara formil pihak tergugat yakni Raffi Ahmad tidak dapat hadir dan kuasa hukumnya tak bisa menunjukkan surat kuasa. Oleh karenanya, majelis akan kembali memanggil Raffi untuk menghadiri persidangan pada Rabu (3/2/2021).

“Seperti yang saya sampaikan bahwa ada pihak yang mengatakan kami kuasa Raffi berdasarkan lisan. Tentu sama-sama kita pahami, untuk perdata ialah formil. Ketika seorang menyatakan sebagai kuasa, tentu harus diikuti surat kuasa. Jadi dalam persidangan ini, secara formil tergugat Raffi Ahmad tidak hadir dalam sidang begitupun dengan pihak kuasa, belum sah sebagai kuasa. Kita akan panggil kembali Raffi Ahmad dan kuasanya satu minggu ke depan,”kata Eko. 

Sebelumnya, Raffi Ahmad digugat oleh seorang advokat yakni David Tobing. Suami Nagita Slavina ini digugat karena hadir di sebuah pesta tanpa menerapkan protokol kesehatan yakni tidak menggunakan masker dan tidak menjaga jarak. (ter)

Share :