FOKUS :

Selama PPKM Darurat, 1.722 Pelanggaran Terjadi di Kota Tangerang

Sekretaris Satpol PP Kota Tangerang, Agus Prasetya. (Foto: Ist)     Sugawa.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui jajaran Satpol...

BACK_BANNER_DOG

Pemohon Kartu Kuning Meningkat

1212

Kepala Disnaker Kota Depok Mant. (Foto: Ist)

 

Sugawa.id – Meski tahun 2021 baru berjalan beberapa bulan, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok mencatat adanya kenaikan permohonan pembuatan Kartu Kuning atau yang sering disebut AK1. Itu merujuk data Disnaker Kota Depok mulai Januari hingga Maret 2021 yang mencapai 750 orang. 

Kepala Disnaker Kota Depok Manto mengatakan, jumlah tersebut mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu. 

“Hal ini bisa terjadi lantaran geliat perekonomian mulai terlihat dan bangkit di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung,” papar Manto kepada wartawan, Kamis (25/3/2021).

Manto menjelaskan, perbandingan itu terlihat dari jumlah permohonan pada periode Januari hingga Juni 2020 yang terdapat 752 pemohon. 

“Dengan meningkatnya jumlah pemohon ini menandakan bahwa lowongan pekerjaan sudah dibuka. Perekonomian mulai bangkit,” imbuhnya. 

Pemohon yang telah terdaftar dalam AK1 nantinya akan diberikan akses ke Bursa Kerja Online (BKOL).

Yakni sebuah aplikasi yang hanya bisa digunakan bagi mereka yang sudah terdaftar dalam database Disnaker.

“Ada semacam barcode untuk mengakses BKOL. Satu akun, satu barcode. Nantinya mereka bisa melihat lowongan pekerjaan langsung di perusahaan yang sudah bekerja sama dengan kami. Jadi banyak keuntungan yang didapat jika terdaftar di AK1,” tandasnya. (ter)


Share :