FOKUS :

Mahfud MD Minta Aparat Usut Kasus Syekh Ali Jaber Secara Tuntas

Menko Polhukam Mahfud MD. (foto: terkini)   Sugawa.id – Menko Polhukam Mahfud MD meminta aparat baik aparat keamanan maupun intelijen...

1-min

Pemkot Depok Gelar Lomba Pemeliharaan IPAL Komunal Terbaik

Sejumlah petugas sedang melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah IPAL Komunal yang akan dinilai. (Janter/Sugawa.id)

Sugawa.id – Pemkot Depok melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok menyelenggarakan penilaian kelompok pengelola dan pemeliharaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (KPP IPAL) komunal terbaik.

Kasi Permukiman Kota Depok Indra Kusuma, Senin (9/3/2020) menyatakan dalam mendukung program Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan yang dicanangkag Wali Kota Depok, Disrumkim melakukan penilaian terhadap KKP IPAL demi terwujudnya smart sanitasi di kota ini.

Dijelaskan, penilaian yang akan dilakukan antara lain terkait kelembagaan kelompok KPP, perawatan IPAL dan kreasi warga dalam memanfaatkan keberadaan IPAL itu. “Sudah kami mulai dari awal Februari hingga April 2020, tujuannya agar masyarakat Kota Depok dapat menjaga sanitasi serta menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di lingkungannya,” kata Indra.

Kabid Permukiman Disrumkim Kota Depok Sukanda mengungkapkan pada 2019 lalu dalam program pembangunan sanitasi permukiman berdasarkan target RPJMD Kota Depok telah terpenuhi. “Pembangunan IPAL komunal pada 2019 lalu di Kota Depok sebanyak 49 unit, dimana kapasitas satu IPAl itu dapat menampung sebanyak 50 kepala keluarga (KK),” imbuhnya.

Sukanda menuturkan, IPAL komunal yang dibangun oleh pihaknya melalui pihak ketiga menggunakan teknologi sistem jaringan perpipaan di wilayah padat penduduk yang telah memiliki jamban namun kurang memenuhi persyaratan higienis.(ter)

Share :