FOKUS :

RUU PKS “Kalah Seksi” dari Omnibus Law Cipta Kerja

RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) kalah seksi dengan UU Cipta Kerja. Buktinya meski telah dibahas hampir 6 tahun, RUU ini...

1-min

Pasien Covid Kategori OTG di Bodebek Akan Dipusatkan ke Gedung Negara atau Hotel

Gubernur Ridwan kamil ok

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (sugawa.id)

Sugawa.id – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakSugawa.id – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan terkait klaster keluarga telah disepakati oleh wilayah di Bogor, Depok dan Bekasi (Bodebek) untuk segera memindahkan pasien kategori orang tanpa gejala (OTG) yang melakukan isolasi mandiri di rumah ke sejumlah gedung atau bangunan, termasuk hotel yang telah disepakati oleh pemerintah.an terkait klaster keluarga telah disepakati oleh wilayah di Bogor, Depok dan Bekasi (Bodebek) untuk segera memindahkan pasien kategori orang tanpa gejala (OTG) yang melakukan isolasi mandiri di rumah ke sejumlah gedung atau bangunan, termasuk hotel yang telah disepakati oleh pemerintah.

“Akan dipindahkan, baik itu di gedung negara atau gedung-gedung yang disewa seperti hotel. Saya sudah perintahkan untuk dilakukan pemindahan,” ujar Kang Emil, sapaan akrab Gubernur Jawa Barat ini, , Selasa (6/10/2020).

Selain pemindahan pasien, kata Ridwan, pihaknya juga sedang memikirkan penambahan ruang ICU di RSUD Depok dan RS Universitas Indonesia (UI). “Kemarin memang ada penambahan 40 bed (tempat tidur) untuk ruangan ICU, tapi memang peralatan belum ada karena RSUD baru ditetapkan RS khusus Covid-19, jadi kita sempurnakan,” ungkapnya.

Dia menuturkan Pemprov Jabar dan pemda di wilayah Bogor, Depok, dan Bekasi (Bodebek)

juga tengah memusatkan perhatian terkait batas ketersediaan ruangan khusus Covid-19 di rumah sakit (RS). Sebab, saat ini rata-rata RS di wilayah Bodebek ruang isolasinya telah melewati batas dari yang ditetapkan oleh World Health Organization (WHO) yakni berada di angka 70 persen. Hal tersebutlah membuat pihaknya melakukan sejumlah strategi agar tingkat penggunaan ruang isolasi di RS berada di bawah angka 60 persen 

Salah satunya dengan menginstruksikan pihak RS menyumbangkan lagi lantai-lantai perawatannya buat ruang isolasi pasien Covid-19. “Nanti ditambahi masing-masing RS nyumbang berapa, sehingga selalu di bawah 60 persen (penggunaan ruangan bagi pasien Covid-19), itu strategi kita,” kata Ridwan Kamil.

“Kewaspadaan kita untuk menjaga ruang isolasi jangan lewat dari 60 persen karena saat ini rata-rata di 70 persen,” imbuhnya.(ter)

Share :