FOKUS :

RUU PKS “Kalah Seksi” dari Omnibus Law Cipta Kerja

RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) kalah seksi dengan UU Cipta Kerja. Buktinya meski telah dibahas hampir 6 tahun, RUU ini...

1-min

Mohammad Idris Abdul Shomad dan Pradi Supriatna Cuti Kampanye 70 Hari

plkd2020

 

Sugawa.id — Dua petahana yang maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Depok cuti kampanye selama 70 hari mulai 26 September hingga 5 Desember 2020.

Dua petahana itu, yakni Wali Kota Depok Mohammad Idris Abdul Shomad dan Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna. 

Kepala Bagian (Kabag) Pemerintah Kota Depok Muchsin Mawardi mengatakan, selama 70 hari ke depan jabatan Wali Kota Depok dan jabatan Wakil Wali Kota Depok dipegang pejabat sementara (Pjs) dari Provinsi Jawa Barat. 

“Mulai 26 September sampai 5 Desember 2020 jabatan Wali Kota Depok dan jabatan Wakil Wali Kota Depok akan dipegang Pjs dari Provinsi Jawa Barat,” ujar Muchsin saat dihubungi, Selasa (22/9/2020).

Muchsin menuturkan, cuti 70 hari (Idris dan Pradi) berkaitan kampanye Pilkada yang akan digelar pada 9 Desember 2020 mendatang.

“Selama cuti kampanye, semua tugas pemerintahan yang mereka pegang selama ini diserahkan kepada Pjs Wali Kota dan Ps Wakil Wali Kota Jumat 25 September ini,” imbuhnya. 

Saat ditanya apakah jabatan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC) Kota Depok yang dipegang Idris ikut diserahkan kepada Pjs, kata Muchsin, itu pun termasuk diserahkan. 

Idris dan Pradi, diungkapkan Muchsin, telah mengajukan cuti 70 hari kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Senin, 7 September 2020.

Surat pengajuan itu pun telah direspon Gubernur dan telah keluar.

Gubernur akan melantik Pjs Wali Kota Depok dan Wakil Wali Kota Depok pada Jumat, 25 September 2020.

“Ada 8 Kepala Daerah di Kabupaten/Kota di Jawa Barat yang pejabatnya Pjs Provinsi dan dilantik secara virtual. Di antaranya Kota Depok, Pangandaran, Bandung Barat, Indramayu, Sukabumi, dan Karawang,” ucapnya. 

Setelah menjalani masa cuti, masih kata Muchsin, Kepala Daerah tersebut akan kembali menduduki posisinya hingga hari pelantikan. 

Perlu diketahui, dalam Pilkada Kota Depok yang akan digelar pada 9 Desember mendatang, Idris berpasangan dengan Imam Budi Hartono dan Pradi berpasangan dengan Afifah Alia. 

Idris-Imam Budi Hartono diusung tiga partai yang memiliki 17 kursi DPRD Kota Depok yakni PKS, Demokrat dan PPP.

Sementara Pradi-Afifah di usung 6 parpol yakni Gerindra, PDIP, Golkar, PKB, PSI dan PAN yang memiliki 33 kursi DPRD Kota Depok. (ter)

Share :