FOKUS :

Lembaga Uji Kompetensi Wartawan Harus Jalan

Rapat kerjasama rencana UKW dan ToT antara Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) dan Lembaga UKW UPDM. (Foto: Ist)    ...

BACK_BANNER_DOG

Minta Operasional Pabrik Emas Dihentikan, DPRD Lebak Surati Gubernur Banten

Musa DPRD Lebak ok

Anggota DPRD Lebak Musa Weliansyah (Istimewa)

Sugawa.id – Anggota DPRD Lebak Musa Weliansyah menyampaikan surat keberatan kepada Gubernur Banten Wahidin Halim terkait kegiatan produksi emas yang dilakukan oleh PT Graha Makmur Coalindo di wilayah pantai Lebak Selatan.

Dalam surat yang disampaikan, Musa menyampaikan dampak yang ditimbulkan dapat merusak pantai. Ia menilai izin usaha pertambangan (IUP) yang dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi Banten bernomor 570/6/IUP OP.DPMPTSP/IV/2018 1.970 tentang Operasi Produksi Emas DMP tidak melalui kajian yang konprehensif.

“Saya berpendapat bahwa dikeluarkanya IUP tersebut tanpa melalui kajian komprehensif dan matang serta ada dugaan kepentingan bisnis yang berpotensi terjadinya praktek suap dengan mengabaikan dampak kerusakan lingkungan, “kata Musa, Selasa(24/11/2020).

Dia menyebutkan beberapa resiko yang kemungkinan terjadi di antaranya, meningkatkan abrasi pesisir pantai dan erosi pantai, menurunkan kualitas lingkungan perairan laut dan pesisir pantai, rusaknya daerah pemijahan ikan dan daerah asuhan.

Selain itu, semakin tingginya ombak yang menerjang pesisir pantai atau laut serta dapat menimbulkan konflik sosial antara masyarakat yang pro dan kontra dengan usaha tambang, meningkatnya intensitas air rob, terutama di pesisir daerah yang terdapat penambangan penyedotan pasir emas.

“Atas dasar kemungkinan resiko tersebut diatas , bertindak secara pribadi atas nama masyarakat peduli lingkungan hidup saya mohon kepada Gubernur Banten Wahidin Halim segera mengkaji ulang operasional pabrik emas tersebut,”ujarnya.(wib)

Share :