FOKUS :

Kapenrem 143 Kendari: Ruslan Buton Statusnya Sudah Dipecat Dari TNI AD

Kepala Penerangan Komando Resimen (Kapenrem) 143/Kendari, Mayor Sumarsono. (foto: sugawa.id)   Sugawa.id – Kepala Penerangan Komando Resimen (Kapenrem) 143/Kendari, Mayor...

Fa_Banner CORONA

Manfaatkan Isu Corona, Wanita Tulungagung Tipu Pembeli Lewat Penjualan Masker

penipu masker ok

Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Bersama tersangka NL kala memberikan keterangan pers. Dok Foto Humas Polres Trenggalek untuk Sugawa.id.

Sugawa.id – NL (25) seorang warga Kabupaten Tulungagung ditangkap tim reaksi cepat Jalu Crime Squad (JCS) karena dianggap melakukan penipuan dengan modus penjualan masker melalui media sosial. Pelaku melakukan tindak kejahatan penipuan ini karena banyaknya permintaan masker akibat mewabahnya virus corona di luar negeri.

Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn dalam keterangan pers yang diterima Sugawa.id, Selasa (18/2/2020) menyatakan tersangka yang merupakan wanita asal Tulungagung ini memanfaatkan momentum meningkatnya kebutuhan masker akibat isu virus corona untuk mencari keuntungan. Melalui media sosial facebook miliknya, NL mengaku menjual masker dalam jumlah yang cukup banyak walaupun dia sama sekali tidak memiliki masker seperti yang ditawarkan.

“Pelaku memanfaatkan situasi, banyaknya permintaan masker akibat dampak virus corona di yang terjadi diluar Negeri. Kami menerima laporan korban yang mengalami kerugian hingga Rp 11 juta lebih karena tertipu oleh pelaku. Korban merasa tertarik dengan masker yang ditawarkan pelaku cukup murah, ditambah iming-iming gratis 1 box setiap pembelian 20 box,” ujar Jean Calvijn.

Akhirnya korban memesan masker sebanyak 400 kotak. Disepakati, harga total yang dipesan oleh korban sebesar Rp 24 Juta. Untuk kesepakatan awal, korban diminta transfer uang muka sebagai tanda jadi ke nomor rekening pribadi atas nama pelaku dan korban menyanggupi transfer sebesar Rp. 11 Juta. Karena barang berupa yang dipesan tak kunjung datang dan ketika dikomplain pelaku tidak merespon, akhirnya korban melaporkan kejadian ini ke polisi.

Satuan Reskim Polres Trenggalek bersama tim reaksi cepat Jalu Crime Squad (JCS) segera menangkap pelaku penipuan tersebut dan tersangka dijerat dengan pasal 378 tentang penipuan dengan ancaman hukuman maksimal 6 tahun penjara. (cok)

Share :