FOKUS :

Mahfud MD Minta Aparat Usut Kasus Syekh Ali Jaber Secara Tuntas

Menko Polhukam Mahfud MD. (foto: terkini)   Sugawa.id – Menko Polhukam Mahfud MD meminta aparat baik aparat keamanan maupun intelijen...

1-min

Korban Banjir Banten Dapat Bantuan Perbaikan Rumah Rp 50 Juta

Sekda Banten Al Muktabar (kanan) memberikan bantuan berupa makanan tambahan kepada para korban banjir di Sajira, Kabupaten Lebak, Kamis (9/1/2020). Dok Foto : Humas Pemprov untuk Sugawa.id.

Sugawa.id – Pemprov Banten memastikan akan memberikan bantuan sebesar Rp 50 juta per rumah bagi korban banjir yang rumahnya rusak berat dan hilang, selain itu Pemprov juga menyiapkan Rp 500 ribu per bulan untuk sewa sampai baru yang dibangun kembali bisa siap.

“Sesuai instruksi Gubernur, saat ini Pemprov Banten sedang memvalidasi by name by addres untuk memastikan bantuan sampai pada korban terdampak. Kami akan relokasi warga dilaksanakan setelah tanggap darurat dengan rekonstruksi dan rehabiltasi. Sehingga Pemda harus benar-benar valid dalam mendata para korban. Sesuai perintah Bapak Gubernur, kami mengecek sampai ke ujung,” ujar Sekda Banten Al Muktabar saat memimpin rombongan Tim Evaluasi Tanggap Darurat Hari ke-9 Penanggulangan Dampak Banjir di Kampung Muhara Desa Ciladauen, Sajira, Kabupaten Lebak, Kamis (9/1/2020).

Dikatakan, pemerintah daerah dibantu dibantu TNI dan Polri terus memembuka akses terputus akibat jembatan yang terputus di Sungai Ciladauen dan Sungai Ciberang. Rombongan sekda juga langsung mendirikan Posko Layanan Kesehatan untuk langsung memberikan layanan kesehatan kepada penduduk dan memberikan makanan tambahan bagi balita. Menurut penduduk sekitar, bantuan ini baru pertama kali diterima lewat jalur darat, sebelumnya mereka mendapatkan supplay logistik dari udara.

Sekda menyatakan Gubernur Wahidin Halim memerintahkan agar tim memastikan setiap penyaluran bantuan logistik, layanan kesehatan serta sarana mandi, cuci, kakus (MCK) para korban banjir bisa diterima.

“Kita menjamin logistik dan layanan kesehatan masyarakat. Kita akan bahu-membahu dengan tim lain. Kita juga mendapatkan dukungan dari berbagai pihak untuk mengambil langkah langkah penyelesaian dengan baik,” tambah Al Muktabar. (wib)

Share :