FOKUS :

Razman : Kejaksaan Depok, Jangan Bermain Kasus Dugaan Korupsi Damkar

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok. (Foto: Ist)     Sugawa.id – Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok diingatkan untuk...

BACK_BANNER_DOG

Kondisi Memprihatinkan, Pasar Tugu akan Direnovasi

Pasar Tugu

Pasar Tugu yang terletak di Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. (Foto: Ist)

 

Sugawa.id – Pasar Tugu yang terletak di Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, kondisinya tidak layak atau kumuh lantaran usianya sudah 39 tahun.

Ironisnya, hingga saat ini pasar yang berdampingan langsung dengan Ibu Kota Jakarta tersebut belum pernah tersentuh oleh perbaikan dari pemerintah setempat meski atapnya sudah mulai bocor. 

Legot, salah seorang pedagang sayur mayur menuturkan, kondisi Pasar Tugu seharusnya menjadi perhatian pemerintah. “Atapnya sudah bocor, kalau hujan kita basah. Bagaimana ya sudah tua sejak di bangun 39 tahun lalu hingga sekarang belum pernah diperbaiki. Saya di sini sudah lama,” papar Legot, Senin (15/2/2021).

Kepala Seksi Sarana Prasarana Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disaperdagin) Kota Depok Median Zahedi didampingi Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pasar Tugu Ikhwan Suryadi Nasution mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot)  Depok berencana merevitalisasi Pasar Tugu. Rencananya pasar ini akan dikonsepkan menjadi pasar modern. 

Akan tetapi, revitalisasi dapat terlaksana apabila kontrak kerja sama antara Pemkot Depok dengan para pedagang Pasar Tugu berakhir tahun 2023. “Kerja sama pemanfaatan bangunan masih ada dua tahun lagi, setelah itu kita merencanakan pemugaran modern,” kata Median. 

Ikhwan menambahkan, dari tahun 1982 Pasar Tugu yang luasnya 1.890 meter persegi dikelola pedagang dan pemerintah desa. Mulai dari tahun tersebut, Pemkot Depok tidak memunggut sewa/kontrak kios maupun los hingga perjanjian pemanfaatan bangunan berakhir di 2023. 

Jika perjanjian itu telah rampung, revitalisasi akan dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan konsep pasar modern. Dengan begitu, Pasar Tugu diyakini mampu menarik kembali masyarakat yang sempat enggan berbelanja ke pasar tersebut. 

“Dengan makin ramainya Pasar Tugu kesempatan usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) makin berkembang kian luas,” pungkasnya. (ter) 

Share :