FOKUS :

RUU PKS “Kalah Seksi” dari Omnibus Law Cipta Kerja

RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) kalah seksi dengan UU Cipta Kerja. Buktinya meski telah dibahas hampir 6 tahun, RUU ini...

1-min

Kawasan Observatorium Magnet Bumi Akan Dipindah ke Serang

bangun Observatorium ok

Petugas BMKG tengah sosialisasi rencana pembangunan Kawasan Observatorium Magnet Bumi di Serang (sugawa.id).

Sugawa.id – Kawasan Observatorium Magnet Bumi milik Balai Besar Meteorologi, Klimatogi dan Geofisika (BMKG) yang berlokasi di Kota Tangerang Selatan akan dipindahkan ke Desa Gunung Sari, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Serang.

Rencana pembangunan itu dilakukan pada tahun 2022 setelah pengadaan tanah untuk bangunan yang berikan kewenangannya ke Biro Infrastuktur Setda Banten selesai.

“Setelah selesai tahap pengadaan lahan,” kata Plt Kepala Biro Infrastuktur Seta Banten Nana Suryana, Jumat (18/9/2020)

Nana mengatakan pengadaan tanah untuk bangunan milik BMKG itu ditargetkan selesai selaman 2 tahun. “Pengadaan Lahan target tahun 2022, kalau misal sebelum itu selesai tidak masalah bisa langsung ke fisik,” ujarnya.

Dikatakan, pihaknya hanya fokus terhadap pengadaan lahan untuk bangunan fisiknya akan dilakukan oleh Balai Besar karena proyek tersebut merupakan proyek dari pusat. “Itu memindahkan yang ada di Tangerang Selatan ke Serang, karean di sana tidak mendukung dan padatnya aktivitas warga bisa mengganggu,” ungkapnya.

Nana mengatakan untuk bangunan tersebut membutuhkan lahan seluas 9 hektare dan 3 bidang tanah yang dimiliki oleh tiga nama pemilik. “Ada lahan masyakat dan perusahaan,” cetusnya.

Nana mengaku berdasarkan hasil konsultasi publik dengan pihak masyarakat dan perusahaan yang mempunyai lahan tersebut, mereka sepakat untuk dilakukan pembangunan. “Hasil konsultasi publik yang punya lahan sepakat untuk dilakukan pembangunan, sampai saat ini lancar tidak ada kendala dalam pengadaan lahan,” tutupnya. (Bul)

Share :