FOKUS :

RUU PKS “Kalah Seksi” dari Omnibus Law Cipta Kerja

RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) kalah seksi dengan UU Cipta Kerja. Buktinya meski telah dibahas hampir 6 tahun, RUU ini...

1-min

Kasus Covid Terus Bertambah, RSUD Depok Bakal Tambah Kapasitas

RSUD Depok (Sugawa.id)

Sugawa.id – Kasus positif Covid-19 di Kota Depok terus mengalami kenaikan. Hal itu berdampak terhadap ketersediaan intensive care unit (ICU) dan high care unit (HCU) di seluruh rumah sakit (RS) rujukan pasien positif Covid-19 di Kota Depok. 

“Kapasitas ICU dan HCU di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok sudah full, cuma ada beberapa tempat tidur untuk pasien-pasien dengan gejala sedang dan ringan,” kata Wali Kota Depok Mohammad Idris Abdul Shomad, Senin (21/9/2020). 

Oleh sebab itu, kata Idris, tempat tidur untuk merawat pasien positif Covid-19 di RSUD Kota Depok akan ditambah. “Hampir seluruh RS rujukan sebagian besar juga sudah penuh untuk menampung pasien positif Covid-19 dengan ringan, apalagi yang berat,” ujarnya. 

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, kata Idris, terus berupaya mencari tempat penginapan atau hotel untuk menampung pasien Covid-19 dengan gejala ringan. “Sayangnya, pihak pengelola penginapan dan hotel belum ada yang mau disewa untuk isolasi pasien Covid-19 gejala ringan. Tapi, kami sedang berusaha berkoordinasi dengan RS yang bukan rujukan untuk menampung pasien Covid-19 bergejala ringan, seperti RS HGA dan Citra Medika,” imbuhnya. 

Dari permasalahan itu, masih kata Idris, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) agar dicarikan tempat untuk pasien positif Covid-19 bergejala ringan dan tempat istirahat tenaga kesehatan. “Langkah tercepat dengan menambah tempat tidur di RSUD Depok,” pungkasnya. (ter)

Share :