FOKUS :

Ketika Edhy “Tersandung” Benih Lobster

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus ekspor benih lobster. Dalam kasus...

1-min

Kapolresta dan Wakil Bupati Tangerang Panen Raya Jagung Hibrida

Ade Ari Panen Jagung ok

Sejumlah pejabat di Kabupaten Tangerang melakukan panen raya di Kecamatan Jambe (Humas Polresta Tangerang) 

Sugawa.id – Kapolresta Tangerang Kombes Ade Ary Syam bersama Wakil Bupati Tangerang H Mad Romli dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Tangerang melaksanakan panen raya jagung hibrida dan ikan lele di Kampung Daraham Rt 011/001 Desa Jambe, Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Rabu (11/11/2020).

Kapolresta Tangerang Ade Ari mengatakan, program Kampung Tangguh Nusantara merupakan program yang didesain untuk penguatan ketahanan pangan. Pada pelaksanaannya, Program Kampung Tangguh Nusantara melibatkan TNI, Polri, Pemerintah Daerah, dan masyarakat. “Penggarapan lahan tidur itu merupakan bagian dari Kampung Tangguh Nusantara guna menguatkan ketahanan pangan,” kata Ade.

Mantan Wadir Reskrim Polda Metro Jaya ini menambahkan, jagung hibrida dan ikan lele yang dipanen berasal dari lahan tidur yang digarap jajaran Polresta Tangerang, Kodim 0510 Tigaraksa, Pemkab Tangerang, dan masyarakat.
Ade menambahkan, hasil panen sepenuhnya dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Dengan panen raya itu, Ade berharap, dapat membantu meringankan beban masyarakat terutama di masa pandemi. Ade juga berharap, kegiatan pemanfaatan lahan tidur hingga panen raya dapat menginspirasi dan mendorong masyarakat untuk semakin produktif. “Pemanfaatan lahan tidur melibatkan masyarakat dalam penggarapannya. Sehingga masyarakat diajak untuk aktif dan produktif memanfaatkan berbagai media untuk bercocok tanam ataupun beternak,” paparnya.

Wakil Bupati Tangerang Mad Romli mengatakan, Panen Jagung Hibrida dan Ikan Lele ini merupakan yang kedua lali, Panen sebelumnya dilaksanakan di Desa Badak Anom Kec Sindang Jaya. “Saya berharap agar program ketahanan pangan ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan dengan konsisten di Kabupaten Tangerang, mengingat tantangan sosial yang kita hadapi saat ini, Kabupaten Tangerang sendiri memiliki wilayah dengan banyak potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang masih ada dan bisa dikembangkan,” katanya.

Mad Romli juga mengatakan, kelangsungan program Kampung Tangguh ini bisa dapat terlaksana secara baik dan konsisten di beberapa wilayah Kabupaten Tangerang. Program ini kerjasama Polresta dan Pemkab Tangerang.
Wakil Bupati berharap, melalui program ketahanan pangan ini pola pikir masyarakat menjadi kreatif dan produktif sehingga kesadaran terhadap pemanfaatan potensi wilayah dengan tetap menjaga sektor ketahanan pangan bisa dilakukan secara maksimal.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang Aziz Gunawan menambahkan panen jagung hibrida ini merupakan program ketahanan Pangan Baharakam Polri dan Pemkab Tangerang. Selama proses Penanaman, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dan juga Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang melakukan pendampingan melalui Balai Penyuluh Pertanian di wilayah hukum yang masuk program Penanaman jagung penanganan dampak ekonomi. “Panen jagung dan lele ini program ketahanan Pangan Polri dan Pemkab Tangerang penanganan dampak COVID-19 di 10 wilayah hukum Polresta Kab.Tangerang,” ujar Aziz. (wib)

Share :