FOKUS :

Ketika Edhy “Tersandung” Benih Lobster

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus ekspor benih lobster. Dalam kasus...

1-min

Kapolda Kalsel Sebut Peran Tokoh Agama Penting dalam Penanganan Covid-19

Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel), Irjen Nico Afinta. (foto: sugawa.id)

 

Sugawa.id – Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel), Irjen Nico Afinta mengakui, peran tokoh agama dan ulama sangat dominan menyatukan suara dalam pencegahan penyebaran Covid-19 khususnya yang terkait implementasi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 28 tentang pelaksanaan ibadah saat pandemi.

“Kondisi masyarakat Kalimantan Selatan yang sosiologis agamisnya sangat kuat, sehingga peranan ulama atau tokoh agama sangat dominan di tengah masyarakat saat Covid-19 ini,” kata Nico kepada sugawa.co.id, Selasa (19/05/2020.

Nico menggelar silaturahim ke berbagai instansi dan tokoh agama yang ada di Kalimantan Selatan. Pada Senin, 18 Mei kemarin, Nico mengunjungi pengurus MUI Kalsel di Banjarmasin.

Nico mengatakan, peranan MUI untuk menyamakan persepsi di masyarakat sangat diharapkan.

Untuk itu, kata dia, diperlukan koordinasi terkait pemetaan daerah rawan oleh Ketua MUI, Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19, sehingga dapat mengambil kebijakan terkait Fatwa MUI Nomor 28 Tahun 2020.

Di sisi lain, kedatangan Nico selaku Kapolda baru dimaksudkannya untuk memohon doa ke ulama agar dalam menjalankan tugas di Kalimantan Selatan berjalan dengan aman dan lancar.

“Silaturahmi ini bertujuan mempererat hubungan emosional antar lembaga. Selain itu, agar tercipta sinergisitas dan iklim kondusif yang optimal di segala bidang sosial ekonomi untuk Kalsel yang makmur bermartabat dengan jiwa semangat kekeluargaan dan gotong royong,” ujar mantan staf ahli sosial politik Kapolri tersebut.

Wakil Ketua MUI Kalsel, H Hafiz Anshary mengaku, jika pihaknya mendukung penuh segala kegiatan dan kebijakan dari Polda Kalsel yang selama ini terjalin baik untuk kemaslahatan umat.

“Kami berbangga hati, Kapolda Kalsel berkesempatan hadir pada Ramadhan. Semoga menjadi bulan berkah untuk kepemimpinan Kapolda di Bumi Lambung Mangkurat,” ucap Hafiz Anshary.

Di hari yang sama, Kapolda Nico juga bertandang ke Pengurus Wilayah Muhammadiyah Kalsel di Banjarmasin. Ketua PW Muhammadiyah Kalsel Drs H Tajuddin Noor menyatakan siap mendukung setiap kebijakan dari program Kapolda.

“Muhammadiyah Kalsel sudah membangun comand center untuk Covid-19 serta sudah ada relawan dari mahasiswa Muhammadiyah Banjarmasin yang terlibat,” ujarnya.

Selain itu, Nico juga melakukan silaturahmi ke Kepala Pimpinan Nahdatul Ulama (NU) Kalsel, di Gedung NU Banjarmasin.

Kapolda diterima Ketua PW NU Kalsel Abdul Haris Makkie, Kanwil Kemenag Kalsel Noor Fahmi, Wakil Ketua PW NU Zainal Ilmi dan Sekretaris Berry Nahdian Furqon.

Abdul Haris Makkie atas nama PW NU berterimakasih kepada Polda Kalsel karena sudah sangat baik dalam menjaga situasi kamtibmas dan juga meminta agar bisa membantu dalam membina Ormas di bawah naungan NU.

Kapolda memperkenalkan diri dan menganggap NU sebagai Mitra strategis Polri dan meminta agar NU bisa mensosialisasikan atau menghimbau masyarakat di bawah naungan NU.

“Kami berterima kasih atas keputusan NU, karena sudah mengeluarkan putusan untuk melaksanakan Sholat Ied di rumah,” ujar Nico.

Mantan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya ini juga melakukan silaturahmi ke FKUB (Forum Komunikasi Umat Beragama) di gedung RRI Banjarmasin.

Kapolda disambut Ketua FKUB Kalsel Mirhan, Sekretaris Ilham Masykuri Hamdi, Majelis Agama Katolik Reddy Mountana, Majelis Agama Budha Sumpono Kangmartomo, Majelis Agama Hindu I Ketut Artika dan Pengurus FKUB.

Ia pun berharap kerjasama antara Polri dan FKUB bisa tetap terjalin dengan baik, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini. Ia ingin semua pihak menjaga kerukunan umat beragama di Kalimantan Selatan.

“Kerjasama Polri dan FKUB untuk mengimbau sebisa mungkin tidak melaksanakan sholat ied baik di mesjid dan dilapangan selama pademik virus covid-19. Kalaupun diadakan, kami siap melaksanakan pengamanan dengan menjalankan SOP penanganan Covid-19,” ujar Nico.

Dalam setiap kunjungannya, Nico selalu menyampaikan tiga program dari Mabes Polri yaitu tentang penanganan Covid-19, karhutla dan Pilkada Kalsel yang akan segera dilaksanakan. (cok)

Share :