FOKUS :

Ketika Edhy “Tersandung” Benih Lobster

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus ekspor benih lobster. Dalam kasus...

1-min

Kapal Babinsa Merah Putih Dilaunching

babinsa kapal ok

Sejumlah perwira TNI/Polri tengah mencoba Kapal Babinsa Merah Putih (Humas Polda Banten)

Sugawa.id – Kapolda Banten Irjen Fiandar mendampingi Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto melaunching Kapal Babinsa Merah Putih Kodim 0601/Pandeglang, di Dermaga Nelayan Carita Kabupaten Pandeglang, Jumat (6/11/2020).

Turut hadir dalam kegiatan launching kapal babinsa merah putih Danrem 064/MY Brigjen TNI Gumuruh Winardjatmiko, Dandim 0601 Pandeglang Letkol Kav Dedi Setiadi, Para dandim jajaran Korem 064 Maulana Yusuf, beserta Pejabat Utama Korem 064 Maulana Yusuf, Forkopimda Provinsi Banten, Forkopimda Kabupaten Pandeglang, pejabat utama Polda Banten dan perusahaan membantu penyelesaian kapal Babinsa Merah Putih Kodim 0601/Pandeglang ini.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto menyampaikan bahwa Kegiatan pembuatan Kapal Ferrocement merupakan upaya yang dilakukan Korem 064/MY khususnya di wilayah Kodim 0601/Pandeglang untuk meningkatkan kesejahteraan kelompok nelayan dalam mengelola usaha perikanan dan penangkapan ikan.

“Kami merasa bangga kepada para Babinsa jajaran korem 064 Maulana Yusuf yang telah berhasil menyelesaikan pembuatan satu Ferrocement dengan menggunakan bahan beton bertulang yang terbuat dari campuran semen air pasir dan rangka dengan ukuran 10 M x 3 M, dengan biaya 17.150.000 yang diselesaikan dalam waktu 21 hari. Sementara satu unit lagi masih dalam proses pembuatan dan saat ini mencapai 80%,”kata Nugroho Budi. Nugroho Budi berharap Kapal yang dibuat oleh anggota Kodim 0601/Pandeglang bisa membantu para nelayan meningkatkan kesejahteraan.

Dandim 0601 Pandeglang Letkol Kav Dedi Setiadi menjelaskan bahwa Kapal Babinsa Merah Putih Kodim 0601/Pandeglang merupakan kapal ferrocement yang berukuran 10 M x 3 M dengan proses pembuatan 21 hari dengan bobot berat 3 ton daya muat 2 ton menggunakan mesin diesel kubota 5GT dengan biaya pembuatan 17.150.000.

“Pembuatan kapal ini dalam rangka menyiapkan kampung nelayan yang tangguh untuk kepentingan di pesisir pantai dan membantu Pemda dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menetapkan kemanunggalan TNI-Rakyat, ” kata Dedi Setiadi

Kapolda Banten Irjen Fiandar menyampaikan apresiasi atas penyelesaian dan launchingnya Kapal Babinsa Merah Putih Kodim 0601/Pandeglang “Hari ini kita menyaksikan launching Kapal Babinsa Merah Putih Kodim 0601/Pandeglang Kapal ini merupakan kapal ferrocement yang luar biasa. Sangat bagus dan bermanfaat untuk para nelayan,” kata fiandar.

Fiandar juga berharap semoga kapal ini dapat memberikan manfaat dan kesejahteraan kepada masyarakat. “Kapal Ini dapat membantu masyarakat mencari ikan dan kebutuhan hidup, ” ujar Fiandar. (wib)

Share :