FOKUS :

Selama PPKM Darurat, 1.722 Pelanggaran Terjadi di Kota Tangerang

Sekretaris Satpol PP Kota Tangerang, Agus Prasetya. (Foto: Ist)     Sugawa.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui jajaran Satpol...

BACK_BANNER_DOG

Juli Mendatang, 1.045 Septictank Bakal Rampung

Untitled-1

Pembangunan septictank yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim). (Foto: Ist)

 

 

 

Sugawa.id – Pembangunan septictank yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) diperkirakan akan rampung pada Juli 2021. Jumlah yang dibangun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok itu pun melampaui target yakni sebanyak 1.045 lokasi.

Kepala Bidang Permukiman Disrumkim Kota Depok, Sukanda mengatakan, bahwa pihaknya telah merumuskan untuk membuat 948 septictank dalam tahun ini. Akan tetapi, dalam kenyataannya melebihi dari target.

“Hingga saat ini masih berjalan pembangunannya, rata-rata sudah 80 persen. Tapi sudah ada yang selesai juga. Kira-kira Juli nanti semuanya selesai,” kata Sukanda yang didampingi Kepala Seksi Pengembangan dan Pengelolaan Sistem Air Limbah Domestik Disrumkim Kota Depok, Indra Kusuma, Selasa (15/6/2021).

Pembangunan septictank itu, diungkapkan Sukanda, menggunakan APBD Kota Depok sebesar Rp 10.428.000.000,-. Yang dimana pembangunan ini dilakukan Pemkot Depok untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang belum mempunyai saluran pembuangan limbah yang layak.

“Kami terus mendorong pemenuhan fasilitas sanitasi yang layak untuk masyarakat serta mendorong wilayah bebas buang air besar sembarang (BABS) atau Open Defecation Free (ODF) 100 persen di Depok,” tuturnya.

Sementara, Indra Kusuma mengungkapkan, penambahan jumlah titik yang dibangun dikarenakan ada sejumlah rumah terisi oleh dua kepala keluarga (KK). “Itulah yang buat jumlahnya jadi bertambah,” imbuhnya.

Indra menjelaskan, 1.045 septictank yang dibangun tersebar di 27 kelurahan. Dari jumlah tersebut pun sudah ada yang selesai yakni Kelurahan Cinangka dan Sawangan Lama. “Minggu ini yang akan selesai meliputi, Kelurahan Cinere, Pangkalan Jati Baru, Pangkalan Jati Lama, Meruyung dan Limo,” bebernya.

“Yang masih 80 persen diantaranya, Kelurahan Mampang, Ratujaya, Curug, Bojongsari, Serua, Pondok Petir, Bojongsari Baru, Pengasinan, Sukamaju, Kalimulya, Abadijaya, Cisalak, Sukmajaya, Sukamaju Baru, Cimpaeun, Cilangkap, Leuwinanggung dan Jatijajar,” sambungnya.

Selain dari APBD Kota Depok, masih kata Indra, Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga ikut serta membantu Kota Depok untuk mempercepat ODF. “Ada 10 kelurahan yang dapat bantuan. Dari 10 kelurahan itu sebanyak 706 titik. Satu kelurahan diberi bantuan sebesar Rp 500 juta,” pungkasnya. (ter)

Share :