FOKUS :

Mahfud MD Minta Aparat Usut Kasus Syekh Ali Jaber Secara Tuntas

Menko Polhukam Mahfud MD. (foto: terkini)   Sugawa.id – Menko Polhukam Mahfud MD meminta aparat baik aparat keamanan maupun intelijen...

1-min

Juarai RSPA, Satlantas Depok Dapat Penghargaan Tertinggi

depok1

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yoga menyerahkan piala kepada Kasat Lantas Polrestro Depok, Kompol Erwin Aras Genda. (sugawa.id)

 

Sugawa.id — Satlantas Polrestro Depok mendapatkan penghargaan tertinggi dari Ditlantas Polda Metro Jaya. Itu karena satuan tersebut menjuarai lomba Road Safety Patnership Action (RSPA) dalam bidang keselamatan. Apalagi, sembilan prioritas program keselamatan berjalan sukses.

Hal ini diakui oleh Kasat Lantas Polrestro Depok, Kompol Erwin Aras Genda. Dia mengatakan, kemenangan dalam lomba tersebut karena kerja keras jajarannya menerapkan program keselamatan berlalintas kepada pengendara di Kota Depok.

Dimana hampir setiap hari jajarannya terus memberikan sosialisasi dan pengarahan kepada masyarakat untuk mematuhi aturan lalulintas.

“Penghargaan ini merupakan motivasi kami agar ke depan dapat terus berinovasi dalam rangka program keselamatan berlalu lintas. Kami memang tidak menyangka menjadi juara satu dalam lomba RSPA ini. Yang kami lakukan dalam lomba ini memang murni untuk memberikan pengarahan kepada pengendara agar mematuhi aturan berlalulintas,” katanya saat dijumpai di Mapolrestro Depok, Kamis (17/9).

Dijelaskan oleh Erwin, ada sejumlah kegiatan dan program keselamatan lalu lintas yang sukses dilaksanakan jajarannya. Yakni, kanalisasi jalur cepat Jalan Margonda Raya. Serta penerapan sembilan program prioritas keselamatan, antara lain program penggunaan helm bagi pemotor, penggunaan seat belt bagi pemobil, child restrain keselamatan anak, menindak pengendara melawan arus, melarang menggunakan ponsel saat berkendara, jam kerja berlebih, tidak berkendara dengan kecepatan tinggi, hingga pelarangan mengangkut penumpang pada truk.

“Semua itu telah dipatuhi pengendara. Jika melanggar mereka kami tindak, dan kesadaran itu sudah banyak diterapkan pengendara. Tentu mereka mengikuti semua aturan berlalulintas,” paparnya.

Menurutnya, kanalisasi di jalur cepat Jalan Margonda Raya telah diterapkan sejak 22 Agustus 2020, lalu. Sejak diberlakukan kanalisasi ini ribuan pemotor dan angkot yang ditindak karena berkendara di jalur cepat.

“Tertib semua sekarang mereka berlalu lintas. Kami hanya ingin pengendara ini terhindar dari kecelakaan. Toh dengan mereka tertib berlalu lintas maka perjalanan ke tempat tujuan sampai dengan selamat,” ujar Erwin.

Sementara, Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yoga menuturkan, lomba RSPA ini diikuti oleh seluruh Satlantas wilayah DKI dan Polres Penyangga yang ada di jajaran Polda Metro Jaya. Dalam penilaian yang dilakukan, semua kategori yang dilombakan itu dimenangkan oleh Satlantas Polrestro Depok.

“Mereka berhasil keluar menjadi juara pertama dan berhasil membawa piala bergilir juara RSPA. Semua kami lihat diterapkan dan membuahkan hasil. Tentu kami bangga dengan keberhasilan Satlantas Polrestro Depok ini,” tuturnya.

Karena keberhasilan itu, Sambodo menambahkan, Satlantas Polrestro Depok di dapuk menjadi perwakilan Ditlantas Polda Metro Jaya untuk mengikuti lomba RSPW tingkat nasional yang akan dilaksanakan oleh Korlantas Polri pada November 2020, mendatang.

Dirinya berharap Satlantas Polrestro Depok mampu menunjukan prestasi gemilang dan dapat keluar menjadu juara pertama dalam perlombaan bergengsi tersebut. (ndi)

Share :