FOKUS :

Makna 12.21 dan indoposco.id

Media indoposco.id launching pada Senin, 1 Februari 2021 tepat pukul 12.00 WIB atau diistilahkan “12.21”. (foto: pebri yoga/indoposco.id)   Sugawa.id...

BACK_BANNER_DOG

Jelang Libur Panjang, Polda Banten Ajak Masyarakat Perketat Protokol Kesehatan

Fidiar Kapolda Banten ok

Kapolda Banten Irjen Fiandar memimpin apel penerapan protokol kesehatan. (Humas Polda Banten)

Sugawa.id – Dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Polda Banten memastikan memperketat pengawasan penerapan protokol kesehatan terkait pencegahan virus corona atau Covid-19 saat libur panjang Mulai Tanggal 28 Oktober hingga 1 November 2020.

Kapolda Banten Irjen Fiandar mengungkapkan apa yang dilakukan pihaknya sesuai arahan Kapolri Jenderal dalam mencegah penyebaran virus corona di musim liburan. “Pilihan terbaik masyarakat untuk berada di rumah saja (stay at home) dan selalu menggunakan masker di mana saja,” kata Fiandar, Senin (26/10/2020).

Dikatakan Polri menggandeng TNI, Sargas Gugus Tugas Covid, Pemda dan seluruh lapisan elemen masyarakat lainnya agar ikut serta dalam mengawasi penerapan protokol kesehatan. Adapun, lokasi patroli akan dilaksanakan di beberapa tempat yang berpotensi muncul kerumunan massa, seperti Pantai Anyer, Pantai Carita, pasar, rest area, stasiun kereta api, wisata pemandian dan Banten Lama.

Selain itu, Polda Banten juga akan menggelar Operasi Zebra yang dilaksanakan selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 26 Oktober hingga 8 November 2020, hal ini di lakukan untuk menjamin keselamatan berlalu lintas masyarakat.

Dalam operasi ini Polri akan menindak pelanggaran yang dapat berpotensi mengakibatkan kecelakaan lalu lintas, Seperti pelanggaran stop line, tidak menggunakan helm bagi pengguna sepeda motor, melawan arus dan menerobos lampu merah, tidak membawa SIM dan STNK, berboncengan tiga,” ujar Fiandar.

Namun operasi Zebra ini lebih banyak mengedepankan pola preventif dengan memperbanyak sosialisasi, edukasi terutama terkait protokol kesehatan. Untuk menjamin kenyamanan berkendara di saat cuti dan libur panjang kali ini.

Fiandar mengatakan personel Polda Banten juga rutin melaksanakan patroli guna memberikan himbauan kepada masyarakat. Adapun rute Patroli tersebut ialah Polda Banten – Mayabon – Cipocok – Sempu – Benggala – Calung – Rau – Ciceri – Cipocok – Mayabon – Polda Banten.

“Di masa pandemi covid-19 ini, kita dari Polda Banten rutin melaksanakan patroli. Baik patroli di malam hari maupun di siang hari. Tujuannya untuk memberikan himbauan kepada masyarakat,” kata Fiandar.

Dirsamapta Polda Banten Kombes Noerwiyanto menjelaskan bahwa dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 personel Ditsamapta Polda Banten melaksanakan patroli Sabhara R2, dimana tujuannya untuk memberikan himbauan kepada masyarakat agar terhindar dari penularan Covid-19.
“Tidak hanya memberikan himbauan saja, kami juga memberikan penjelasan ke masyarakat tentang bahayanya virus Corona ini,” lanjut Noerwiyanto.

Terkait bahayanya virus Corona ini, pihaknya juga mengajak masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dimana pun kita berada. “Mari kita sama-sama menerapkan 3M, yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak,” ajak Noerwiyanto.(wib)

Share :