FOKUS :

Langkah Polri Tangkap Penimbun Masker di Sejumlah Daerah

Sugawa.id – Maraknya aksi penimbunan masker berhasil dibongkar jajaran kepolisian dalam beberapa hari berselang. Sejumlah kasus penggerebekan pelaku dan pembongkaran...

Banner DUKA CITA SUGAWA

Jangan Telat, Dishub Kota Bekasi Sudah Buka Pendaftaran Mudik Gratis

ad7c99f988c0500b702ce15485858a4d

Ilustrasi mudik bareng jelang lebaran. Foto: bangsa online.

 

Sugawa.Id – Meski Lebaran beberapa bulan lagi, namun Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi sudah mulai bersiap diri dengan menyiapkan pendaftaran mudik gratis untuk periode Lebaran 2020. Kegiatan tersebut diselenggarakan bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Kabid Angkutan dan Sarana, Dishub Kota Bekasi Fatikhun mengatakan, pendaftaran mudik gratis itu akan dibuka pada Senin (16/3/2020) nanti. Adapun posko pendaftaran mudik gratis ini berada di Kantor Dishub Kota Bekasi yang terletak di Jalan Pangeran Jayakarta Nomor 1, Kelurahan Harapan Mulya, Kecamatan Medan Satria.

”Pekan depan rencananya loket pendaftaran ini kami buka. Tentunya ada kuota yang diberikan pada kami untuk kegiatan mudik gratis. Makanya mulai dari sekarang kami buka pendaftaran ini,” tegasnya ketika dihubungi Sugawa.co.id, Jumat (13/3/2020).

Tak sampai disana, lanjut Fatikhun, adapun jumlah kuota mudik gratis itu hanya mencapai 3.000 orang pemudik. Jumlah armada yang disiapkan untuk perjalanan mudik gratis ini mencapai 75 unit bus. Rute mudik gratis yang dipersiapkan itu ditujukan ke wilayah Solo dan Yogyakarta.

”Untuk ke Solo melewati Tol Cipali, Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Semarang, Salatiga, Boyolali, Solo. Nah jika rute Jogjakarta melalui Tol Cipali, Pejagan, Ajibarang, Purwokerto, Kebumen, Purworejo, Wates, Jogjakarta,” paparnya.

Lebih jauh, Fatikhun menyatakan, ada sejumlah syarat yang harus dipersiapkan oleh calon pemudik yang berminat mengikuti perjalanan mudik gratis. Diantaranya, menyiapkan foto copy KTP Jawa Barat, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, surat domisili RT/RW (bagi warga pendatang). Dan jika persyaratan tersebut tak dapat dipenuhi maka calon pemudik tak dapat mengikuti program tersebut. ”Jadi peserta mudik harus mendaftar sendiri, tidak boleh diwakilkan. Lalu satu Kartu Keluarga maksimal empat orang pemudik,” jelasnya.

Diakui Fatikhun, pada lebaran 2020 Pemkot Bekasi telah menyiapkan 55 unit bus untuk mudik gratis. Akan tetapi jumlah armada mudik gratis ini kemungkinan akan bertambah jika mendapatkan izin dari Kemenhub. Kata dia sebelum armada ini dioperasionalkan pengecekan fisik akan dilakukan jajarannya.

Sementara Mochamad Tabrani, salah satu warga Kota Bekasi menuturkan, belum mengetahui jika posko mudik gratis akan dibuka oleh Dishub. Namun, kata dia, informasi itu akan tersebar tiga hari setelah posko itu dibuka untuk umum. ”Justru baru tau ini, ya kadang kan mereka telat menginformasikan itu. Tahun lalu informasinya pakai spanduk dan semua bisa lihat. Sudah empat kali saya jadi peserta mudik gratis,” tuturnya. (nia)

Share :