FOKUS :

Selama PPKM Darurat, 1.722 Pelanggaran Terjadi di Kota Tangerang

Sekretaris Satpol PP Kota Tangerang, Agus Prasetya. (Foto: Ist)     Sugawa.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui jajaran Satpol...

BACK_BANNER_DOG

Hanya 13 Personel TNI/Polri Lolos Skrining Donor Plasma Konvalesen

Donor Plasma

Ratusan personel Polda Banten dan personel TNI dari Korem 064/Maulana Yusuf, Serang, Banten mengikuti gerakan bersama donor darah dan donor plasma konvalesen. (Foto: Ist)

 

Sugawa.id – Ratusan personel Polda Banten dan personel TNI dari Korem 064/Maulana Yusuf, Serang, Banten mengikuti gerakan bersama donor darah dan donor plasma konvalesen.

Namun, yang dinyatakan lolos skrining untuk donor plasma konvalesen hanya sebanyak 13 personel, terdiri dari 11 personel Polda Banten dan 2 personel dari Korem 064/Maulana Yusuf.

Hal tersebut disampaikan Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho saat membuka acara Gerakan Bersama Donor Darah dan Donor Plasma Konvalesen di Aula Serbaguna Polda Banten, Selasa (9/3/2021)

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para pendonor, sehingga kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar,” kata Rudy Heriyanto.

Rudy Heriyanto menjelaskan bahwa personel yang dinyatakan lolos donor plasma konvalesen tersebut merupakan hasil skrining ketat seperti pengambilan darah, memenuhi syarat seperti berusia 18 sampai 60 tahun, berat badan minimal 55 kg, hasil uji saring terhadap hepatitis B dan C serta HIV dengan nucleic acid test (NAT) hasilnya non-reaktif 11. Hasil skrining terhadap antibodi golongan darah juga harus negatif.

“Donor darah plasma konvalesen ini merupakan bentuk kepedulian dan empati sekaligus motivasi bagi penyintas Covid-19 Polri dalam membantu pasien yang dirawat di rumah sakit. Donor plasma konvalesen diharapkan dapat meningkatkan angka kesembuhan dan menurunkan angka kematian pasien Covid-19,” ujar Rudy Heriyanto

Sementara itu, Kabid Humas Polda Banten Edy Sumardi menjelaskan, Polda Banten bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Banten bersama Dinas Kesehatan Provinsi Banten menggelar pelayanan donor plasma konvalesen, yang sebelumnya pada tanggal 1 Maret 2021 di Polda Banten dilakukan pengambilan darah dan skrining ketat dan yang memenuhi syarat dilakukan donor plasma konvalesen saat ini.

“Kegiatan donor plasma konvalesen prosesnya dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan sangat ketat, mulai dari proses registrasi, pemeriksaan hingga pelaksanaan donor plasmanya,” ujar Edy Sumardi.

Di tempat yang sama, Sekretaris PMI Provinsi Banten Rahmat Fitriadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Polda Banten dan Korem 064/Maulana Yusuf atas kesediaannya untuk donor plasma konvalesen

“Donor plasma konvalesen sangat besar manfaatnya untuk kemanusiaan. Terlebih dapat membantu para pasien positif Covid-19,” kata Rahmat Fitriadi

Rahmat Fitriadi menjelaskan, plasma konvalesen sendiri merupakan plasma darah yang diambil dari pasien Covid-19 yang telah sembuh, dan kemudian diproses agar dapat diberikan kepada pasien yang sedang dalam masa pemulihan setelah terinfeksi

Sebelumnya, kata Rahmat, PMI Banten telah melakukan kegiatan yang sama di wilayah Tangerang Raya. Mereka mendapatkan 250 kantong plasma konvalesen yang langsung didistribusikan ke seluruh daerah di Banten.

“Kebutuhan plasma konvalesen di Provinsi Banten sangatlah tinggi,” katanya.

Ketua PMI Banten, Ratu Tatu Chasanah dalam sambutannya secara virtual mengatakan, kegiatan donor tersebut merupakan gerakan bersama yang terus digulirkan di semua daerah. Keberadaan plasma konvalesen tersebut kata dia, sangat berguna dan bermanfaat.

“Terutama saudara-saudara kita yang positif Covid-19 karena plasma konvalesen sangat membantu mereka,” ujar Tatu. (dam)


Share :