FOKUS :

Mahfud MD Minta Aparat Usut Kasus Syekh Ali Jaber Secara Tuntas

Menko Polhukam Mahfud MD. (foto: terkini)   Sugawa.id – Menko Polhukam Mahfud MD meminta aparat baik aparat keamanan maupun intelijen...

1-min

Hadapi Banjir, Pemkab Serang Prioritaskan Keselamatan Korban

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa mengunjungi Kampung Panunggulan, Desa Mekar Baru, Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang yang terkena banjir akibat luapan sungai Cidurian, Kamis (2/1/2020). Foto Dok Humas Serang untuk Sugawa.id.

 

Sugawa.id– Wakil Bupati (Wabup) Serang Pandji Tirtayasa menegaskan bahwa Pemkab Serang memprioritaskan penyelamatan korban jiwa dalam bencana banjir. Karena itu, Pemkab Serang memprioritaskan pembangunan dapur umum untuk memberikan makanan darurat kepada para korban.

“Target utama kita (Pemkab – Red) menyelamatkan korban jiwa. Maka kita mendirikan dapur umum, pos kesehatan, petugas puskesmas, tagana, BPBD diminta stanby semua,” ujar Pandji kala mengunjungi Kampung Panunggulan, Desa Mekar Baru, Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang yang terkena banjir, Kamis (2/1/2020).

Dia mengatakan berdasarkan data yang didapatnya, sebanyak 170 rumah warga di kampung tersebut terendam air kiriman dari Jasinga Kabupaten Bogor, Jawa Barat dengan ketinggian sepinggang orang dewasa pada Rabu (1/1/2020) malam.

Pandji mengatakan, sebanyak lima Desa yakni Desa Mekar Baru, Carenang Udik, Nyompok, Cidahu, dan Desa Gabus terkena dampak air kiriman dari Jasinga Bogor sehingga membuat sungai Cidurian meluap. “Kampung Panunggulan ada 170 rumah dan sebanyak 538 orang terpaksa mengungsi akibat banjir. Jumlah ini tentatif bisa bertambah, sebab rumah yang terendam di Desa Carenang Udik, Nyompok, Cidahu, dan Desa Gabus masih dilakukan pendataan,”ujar Pandji.

Pandji menjelaskan sebelum terjadinya banjir, Camat Kopo Tenda Subekti sudah melakukan komunikasi dengan pihak Jasinga mengenai kemungkinan peningkatan debit air Sungai Cidurian. Maka ketika terjadi peningkatan debit air dan camat dan jajarannya langsung mengevakuasi warga ke dataran lebih tinggi.

Camat Kopo Tenda Subekti mengatakan akan terus melakukan koordinasi dengan pihak Jasinga, Bogor. Sebab, curah hujan masih mungkin terjadi. “Kita selalu siaga,”ujarnya.

Kepala Dinsos Kabupaten Serang Ahmad Saefuddin menyatakan pihaknya mendirikan dapur umum dan sarananya sejak Rabu, pihaknya sudah memberikan bantuan makan siap saji dalam sehari tiga kali. “Alhamdulillah tidak ada kendala, untuk saat ini warga sudah banyak yang kembali ke rumahnya masing-masing,”ujarnya.(wib)

Share :